Kenali Penyebab Penyimpanan WhatsApp Tiba-Tiba Penuh

Kamis, 01 Juni 2023 - 16:51 WIB
loading...
Kenali Penyebab Penyimpanan WhatsApp Tiba-Tiba Penuh
WhatsApp saat ini telah menjadi aplikasi yang digunakan bagi hampir seluruh lapisan masyarakat untuk berkomunikasi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - WhatsApp saat ini telah menjadi aplikasi yang digunakan bagi hampir seluruh lapisan masyarakat untuk berkomunikasi. Namun dalam satu waktu terdapat sejumlah kendala yang dialami pengguna ketika menjalankan sosial media populer ini.

Penyimpanan penuh WhatsApp menjadi satu kendala yang sering dijumpai pengguna, terlebih bagi pengguna yang punya memori internal HP kecil.

Ruang penyimpanan yang hampir penuh ini akan membuat pengguna sulit untuk mengakses segala hal di WhatsApp, seperti melihat video atau foto yang dikirimkan.


Penyebab Penyimpanan WhatsApp Penuh

Untuk menghindari penyimpanan penuh ini, para pengguna WhatsApp harus mengetahui apa-apa saja yang membuat penyimpanan WA penuh.

Perlu dicatat, bila setiap chat yang terkirim ataupun diterima pengguna WhatsApp akan masuk ke dalam ruang penyimpanan. Baik itu berupa pesan biasa, file, foto, sticker, maupun video.

Ruang obrolan berupa grup biasanya akan menjadi sumber penuhnya penyimpanan WhatsApp, karena ramainya interaksi di grup tersebut yang mengirim berbagai jenis file.



Pesan yang diterima ini lama-kelamaan akan terus menumpuk dan membuat penyimpanan WhatsApp penuh. Hal yang membuat penyimpanan lebih cepat penuh disebabkan oleh file-file besar yang diterima dan diunduh.

WhatsApp memang telah lama menyediakan fitur unduh untuk foto, file dan video yang diterima. Sehingga para pengguna dapat memilah mana file yang harus diunduh dan mana yang tidak perlu.

Dengan mengunduh banyaknya file yang tidak penting, secara langsung akan berpengaruh pada kapasitas penyimpanan WhatsApp. Terlebih bila pengguna tidak secara rajin menghapus file-file di WhatsApp yang tidak diperlukan.

Itulah beberapa hal yang dapat membuat penyimpanan WhatsApp penuh. Untuk membersihkannya pengguna dapat mengunjungi menu pengaturan di WhatsApp dan masuk ke opsi "Kelola Penyimpanan", supaya dapat mengatur penyimpanan sesuai yang dikehendaki pengguna.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0076 seconds (0.1#10.140)