Ini Cara Mengatasi Masalah ERR-Connection_Reset di Browser, Tak Perlu Khawatir dan Panik

Jum'at, 19 Mei 2023 - 11:41 WIB
loading...
Ini Cara Mengatasi Masalah ERR-Connection_Reset di Browser, Tak Perlu Khawatir dan Panik
Cara mengatasi masalah ERR-Connection_Reset di browser bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi masalah ERR-Connection_Reset di browser bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Tak perlu panik, ketika Anda menghadapi error serupa, ulasan ini akan membantu mengatasinya.

Singkatnya, ERR-Connection_Reset merupakan error atau kesalahan yang biasanya muncul di browser seperti Chrome. Umumnya, masalah ini terjadi ketika browser Anda tidak dapat menjangkau situs web yang tengah dimuat.

Mengutip laman SoftwareKeep, Jumat (19/5/2023), penyebab dari munculnya error tersebut sangatlah beragam. Beberapa yang paling umum di antaranya adalah masalah jaringan internet, penggunaan VPN, pemblokiran Windows Firewall, dan lainnya.



Tak perlu khawatir, sejumlah cara berikut bisa dicoba untuk memecahkan masalah tersebut. Berikut cara mengatasi masalah ERR-Connection_Reset di browser.

Mengatasi Error ERR-Connection_Reset di Browser

1. Memeriksa Kondisi Jaringan Internet

Langkah awal, Anda bisa memulainya dengan memeriksa koneksi internet yang terhubung. Apabila sinyalnya memang tidak stabil, silahkan coba untuk menggunakan jaringan internet lain.

Namun, jika ternyata kondisi internetnya stabil, Anda bisa mengatur ulang konfigurasi jaringan di perangkat terkait. Setelahnya, cobalah untuk refresh halaman yang tadinya tidak bisa dimuat.

2. Mematikan Sementara Windows Firewall

Terkadang, Windows Firewall cukup sensitif ketika perangkat menjelajah internet. Bisa jadi, ketika Anda membuka sebuah website, dia menemukan risiko virus sehingga langsung memblokirnya.

Untuk memastikannya, Anda bisa mematikan fitur Windows Firewall ini sementara. Jika setelahnya kembali normal, maka kemungkinan biang dari ERR-Connection_Reset adalah firewall tersebut.


3. Bersihkan Cache

File cache yang menumpuk dapat mengganggu kinerja browser di perangkat. Membersihkan tumpukan cache ini berpotensi memperbaiki masalah ERR-Connection_Reset.

Caranya pun cukup mudah, pada halaman utama browser Chrome klik ikon titik tiga di bagian sudut kanan atas. Setelahnya, pilih More Tools, lalu cari opsi ‘Clear Browsing Data.

Sebelum menghapusnya, jangan lupa centang kotak Cached images and files. Selesai.

4. Update Browser

Cara berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan memperbarui browser Anda. Jika menggunakan Chrome, pastikan browser ini telah berada di versi terbarunya.

Bukan tanpa alasan, pembaruan aplikasi seperti Chrome tersebut biasanya ditujukan untuk menghilangkan bug atau masalah yang ada di versi sebelumnya. Maka dari itu, jangan malas untuk melakukan update browser.

Itulah sejumlah cara mengatasi error ERR-Connection_Reset di browser perangkat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)