Mantan Petinggi Amazon dan Microsoft Jadi CTO di Gojek

Rabu, 22 Juli 2020 - 17:07 WIB
loading...
Mantan Petinggi Amazon dan Microsoft Jadi CTO di Gojek
Layananan ojek online . FOTO/ Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gojek menunjuk tokoh senior industri teknologi global, yakni Severan Rault, sebagai Chied Technology Officer (CTO).

Sebagai CTO, Rault bertanggung jawab untuk keseluruhan teknologi ekosistem Gojek dalam menyediakan akses terhadap beragam layanan mulai dari transportasi dan pembayaran hingga layanan pengantaran makanan, logistik dan sejumlah layanan on-demand lainnya. (Baca: Klaster Baru di Jakarta Barat, 29 Warga dari Dua RT Positif COVID-19)

Ia juga akan mengelola tim engineering Gojek di Asia Tenggara dan India. (Baca juga; Jangan Korbankan Kesehatan Demi Kesenangan, Anies Diminta Tak Gegabah Buka Hiburan Malam )

"Saya bergabung dengan Gojek karena misi sosial positif perusahaan. Membantu jutaan orang untuk mendapatkan penghasilan menjadi kepuasan tersendiri. Tantangan-tantangan teknis terkait hal tersebut sangat menarik, mulai dari isu pengembangan yang dibutuhkan oleh solusi cloud tercanggih, hingga pengaplikasian mendalam teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). Gojek adalah seperti mimpi bagi inovator seperti saya," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Sosok Severen merupakan salah satu tokoh teknologi dunia yang punya pengalaman lebih dari 20 tahun di industri teknologi global.

Ia pernah menjabat sebagai Direktur Software Development di Amazon, di mana Severan ikut memimpin tim yang menciptakan Amazon Prime Air yang merupakan layanan antar Amazon menggunakan pesawat nirawak (drone).

Sebelum di Amazon, Severan pernah menduduki beberapa posisi manajemen di Microsoft, antara lain sebagai Principal Architect di Bing, mesin penelusuran web (web search engine) milik Microsoft, serta Principal Development Manager untuk Microsoft OneApp.

Microsoft OneApp sendiri merupakan suatu aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan telepon seluler yang tidak memiliki kapabilitas penuh untuk berfungsi sebagai ponsel pintar (feature phones) untuk dapat mengoperasikan aplikasi seluler. Jenis ponsel seperti ini banyak ditemukan pada negara-negara berkembang.

Several juga menciptakan perusahaan solusi nirkabel Kikker Interactive, yang diakuisisi Microsoft pada 2008, serta perusahaan realitas maya (virtual reality) bernama Betawave yang menjadi perusahaan terakhir tempat ia bekerja sebelum bergabung dengan Gojek.

Severan bergabung dengan Gojek pada awal tahun ini sebagai Head of Engineering untuk platform lokapasar (marketplace) Gojek, sebelum diberikan kepercayaan sebagai CTO Grup Gojek menggantikan Ajey Gore.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)