Google Photos Hadirkan Magic Editor AI, Edit Foto Jadi Makin Mudah

Sabtu, 13 Mei 2023 - 06:43 WIB
loading...
Google Photos Hadirkan Magic Editor AI, Edit Foto Jadi Makin Mudah
Google Photos menghadirkan fitur baru Magic Editor dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif. Foto/Google/Techcrunch
A A A
CALIFORNIA - Google Photos menghadirkan fitur baru Magic Editor dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif. Dengan peningkatan ini, Google Photos dapat melakukan pengolahan foto yang lebih canggih karena telah ditenagai AI.

Fitur baru ini, Magic Editor, diperkenalkan Google dalam acara konferensi tahunan I/O 2023. “Google membagikan sepasang foto keren sebagai contoh dengan penggunaan fitur baru Magic Editor,” tulis The Verge, Sabtu (13/5/2023).

Dalam contoh yang ditampilkan Google, ada sebuah foto yang menampilkan gambar seseorang berada di depan air terjun. Google pun kemudian memindahkan orang tersebut sepenuhnya ke sisi foto.



Tak hanya itu, beberapa objek manusia di belakangnya juga dapat dihilangkan dalam sekejap. Foto semakin sempurna dengan warna langit biru yang dibuat menjadi lebih sempurna.

Dalam contoh lain, ada sebuah foto anak yang memegang balon sedang duduk di sebuah kursi. Dengan menggunakan Magic Editor, objek tersebut dapat digeser secara mudah menjadi lebih ke tengah.

Sisi kiri yang ditinggalkan kemudian menambah objek baru dari kursi tersebut sehingga seolah-olah kursinya semakin panjang. Tak hanya itu, langit pun dapat diubah menjadi lebih cerah dibandingkan sebelumnya.

Google sebenarnya tidak baru membawa AI dalam pengeditan gambar. Ada pula Magic Eraser dan Photo Unblur. Magic Editor yang baru ini merupakan pelebaran sayap dari fitur AI Google.



Penambahan fitur ini tidak hanya mampu menghapus objek, tapi juga menambah objek pelengkap yang baru. Magic Editor harusnya sangat berguna untukemgedit foto yang tidak dapat digunakan lagi sebelumnya.

Meskipun begitu, Google mengakui bahwa fitur ini tentu tidak 100% sempurna. Masih ada beberapa kekurangan seperti sisa kerutan tali tas pada objek manusia di foto air terjun sebelumnya.

Kemudian beberapa bayangan yang tidak sesuai dengan objek juga dapat terjadi. Terlepas dari kekurangannya, tentu Magic Editor sangat berguna bagi penggunanya.

Google mengatakan fitur ini akan hadir pada akhir tahun ini. Perusahaan juga mengatakan bahwa penambahan ini bakal tersedia di ponsel Pixel tertentu untuk akses awal. Hal ini memunculkan dugaan kehadirannya secara eksklusif di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)