Kecerdasan Buatan Mulai Gantikan Tugas Pelayan Restoran

Rabu, 10 Mei 2023 - 13:57 WIB
loading...
Kecerdasan Buatan Mulai Gantikan Tugas Pelayan Restoran
Tugas pelayan restoran mulai digantikan kecerdasan buatan. FOTO/ THE VERGE
A A A
TEXAS - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini sudah menggantikan tugas pelayan restoran, hal ini membuktikan ketakutan akan bahaya AI.

Seperti dilansir dari TechSpot pada Rabu (10/5/2023), restoran cepat saji Wendy's telah bermitra dengan Google untuk menguji coba chatbot kecerdasan buatan di salah satu restorannya di negara bagian di Ohio.



AI dalam bentuk chatbot tengan dilatih oleh kedua perusahaan untuk memahami bagaimana pelanggan biasanya memesan item dari menu dan berinteraksi secara alami sebelum nantinya AI dipekerjakan di area drive-thru.

Menurut Kepala Eksekutif Wendy Todd Penegor, chatbot AI akan sangat komunikatif. Ia menggadang-gadang, pelanggan bisa-bisa tidak menyadari bahwa ia sedang berbicara dengan robot, alih-alih pelayanan manusia.

Laporan menyebut insinyur perangkat lunak Google dan pihak Wendy's secara bersama-sama mengubah model bahasa AI yang besar untuk dikerucutkan pada kata kunci dan frasa khusus berbahasa slang untuk pemesanan menu.

Mereka juga sedang berupaya agar AI bisa mengabaikan obrolan latar belakang dari orang lain di dalam kendaraan yang berbicara, pemutaran radio, atau bahkan mesin yang keras dan nada knalpot untuk fokus pada pesanan.

Kevin Vasconi, kepala petugas informasi Wendy, mengatakan tes awal cukup menjanjikan. Ia mengklaim pelayanan yang diberikan AI mungkin rata-rata lebih baik dari manusia sehingga layanan akan diluncurkan Juni mendatang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)