Apple Tertarik Terapkan AI, Tim Cook Masih Rahasiakan Strateginya

Selasa, 09 Mei 2023 - 16:14 WIB
loading...
Apple Tertarik Terapkan AI, Tim Cook Masih Rahasiakan Strateginya
CEO Apple Tim Cook menyatakan perlunya kehati-hatian terjun ke aplikasi AI generatif, meskipun potensinya cukup besar. Foto/Techspot
A A A
CUPERTINO - Apple selama ini jauh lebih berhati-hati dengan perkembangan teknologi AI generatif dibandingkan Microsoft dan Google. Apple secara terbuka mengakui tertarik dengan potensi teknologi AI , namun masih merahasiakan strateginya.

CEO Apple Tim Cook menyatakan perlunya kehati-hatian terjun ke aplikasi AI generatif karena Google dan Microsoft masih tampak kikuk. Meskipun menyatakan Apple berminat terhadap AI, namun dia tidak mengungkapkan rencana konkret apa pun.

Dikutip dari laman Techspot, Selasa (9/5/2023), ketika mengumumkan pendapatan kuartal kedua (Q2) tahun 2023, Tim Cook mengomentari teknologi kecerdasan buatan sebagai "sangat menarik". Meskipun ada beberapa masalah yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.



Dia menunjukkan bagaimana Apple telah menggunakan AI untuk fitur-fitur seperti deteksi kecelakaan dan pemantauan jantung. Dia mengatakan perusahaan akan terus memasukkan AI.

Dia menambahkan bahwa “sangat penting untuk berhati-hati dan bijaksana” untuk menggunakan dan mengintegrasikan teknologi. Cook kemungkinan merujuk pada kontroversi seputar teknologi AI generatif seperti ChatGPT atau Midjourney.

Diketahui Microsoft, Google, dan lainnya, sedang mengembangkan chatbot berdasarkan teknologi OpenAI yang mendasari ChatGPT. Begitu juga generator gambar berbasis AI seperti DALL-E, Stable Diffusion, dan Midjourney.

Adobe juga tak ketinggalan memasukkan AI generatif ke dalam rangkaiannya. Selain itu, Amazon baru-baru ini meluncurkan Bedrock, alat untuk membantu bisnis memanfaatkan model AI.



Apple, sementara itu, belum meluncurkan produk atau layanan apa pun yang menggunakan AI generatif. Komentar terbaru Cook mengonfirmasi spekulasi bahwa Apple ingin menghindari masalah yang muncul dari alat seperti ChatGPT.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3050 seconds (0.1#10.140)