Cegah Kebocoran Data, Samsung Batasi Pemakaian ChatGPT Karyawan

Senin, 08 Mei 2023 - 19:29 WIB
loading...
Cegah Kebocoran Data, Samsung Batasi Pemakaian ChatGPT Karyawan
Ilustrasi pegawai Samsung. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung membatasi pemakaian ChatGPT kepada seluruh karyawannya, setelah terjadi penyalahgunaan. Pembatasan dilakukan melalui komputer pribadi perusahaan.

Dilansir dari NBC News, pembatasan terpaksa dilakukan setelah beberapa staf ketahuan mengunggah kode sensitif perusahaan ke ChatGPT.

"ChatGPT adalah chatbot AI viral yang dilatih pada data dalam jumlah besar dan dapat menghasilkan respons terhadap kueri pengguna. Ini adalah bentuk yang disebut AI generatif," tulis laman itu, dikutip Senin (8/5/2023).

Samsung belum memiliki produk AI generatifnya sendiri. ChatGPT dikembangkan oleh perusahaan AS Openai yang didukung oleh Microsoft, sementara produk AI generatif lainnya termasuk Google Bard.

"Memasukkan data perusahaan yang sensitif ke dalam layanan milik asing ini dapat menjadi perhatian bagi perusahaan yang khawatir tentang kebocoran informasi penting," sambungnya.

Pihak Samsung mengatakan, karyawan untuk mengambil tindakan pencegahan saat menggunakan ChatGPT dan produk lain di luar pekerjaan, dan menyarankan pekerja untuk tidak memasukkan informasi terkait pribadi atau perusahaan ke dalam layanan.

Dalam survei di seluruh perusahaan Samsung yang dilakukan bulan lalu, 65% dari mereka yang menanggapi mengatakan, ada kekhawatiran tentang risiko keamanan saat menggunakan layanan AI generatif.



"Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang membatasi penggunaan teknologi. Bank Investasi AS, JPMorgan dilaporkan membatasi penggunaan ChatGPT di antara staf awal tahun ini," jelasnya.

Amazon juga dilaporkan melakukan hal yang sama kepada para karyawan, untuk tidak mengunggah informasi rahasia, termasuk kode, untuk ChatGPT.

Perusahaan menilai cara-cara di mana kemampuan AI generatif dapat digunakan dalam bisnis mereka. ChatGPT dapat membantu insinyur untuk menghasilkan kode komputer untuk mempercepat tugas mereka.

Sementara itu, pengembang perangkat lunak di Goldman Sachs, malah menggunakan AI generatif untuk membantu menghasilkan kode.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)