Uniknya Produk-produk Pertama yang Dibuat oleh Raksasa Elektronik Jepang

Senin, 08 Mei 2023 - 11:03 WIB
loading...
Uniknya Produk-produk Pertama yang Dibuat oleh Raksasa Elektronik Jepang
Raksasa elektronik Jepang mengembangkan berbagai produk unik yang tak jarang gagal di pasaran. Foto: olah foto/Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Perusahaan elektronik Jepang saat ini memiliki banyak produk yang sangat baik diterima pasar. Seperti apa sih produk pertama yang mereka hasilkan sepanjang sejarah?

Tepat pada 7 Mei 2023 ini, Sony merayakan kiprah mereka di dunia elektrinik selama 77 tahun. Selama itu Sony terus berkontribusi pada perkembangan elektronik dunia dengan berbagai produk menarik.

Salah satu produk yang paling dikenal oleh masyarakat dunia dari Sony tentu saja adalah PlayStation.

Konsol game tersebut sangat popular bahkan jadi buruan semua orang karena kecanggihannya. PlayStation 5 hingga kini terus mendongkrak keuntungan Sony karena laris di berbagai penjuru dunia.

“Meneruskan pendahulunya, PlayStation 5 adalah evolusi yang sangat berarti dari Sony. Konsol ini memanjakan penggemar lama dan baru,” tulis Trusted Reviews mengenai PlayStation 5.

Kecanggihan produk elektronik buatan Sony itu memang patut diapresias. Apalagi sejak berdiri pada 7 Mei 1946, Sony terus memberikan lompatan teknologi yang menarik.

Padahal siapa yang menyangka bahwa produk pertama Sony justru jauh lebih sederhana dari sekarang. Bahkan tidak hanya Sony, beberapa perusahaan elektronik Jepang lainnya juga punya produk pertama yang tidak kalah unik. Apa saja sih produk pertama mereka?

1. Sony - Penanak Nasi Listrik dari Kayu

Produk pertama Sony adalah penanak nasi atau rice cooker listrik dari kayu. Material yang dominan dari penanak nasi ini adalah kayu. Di bagian dasar bak kayu Sony memasang elektroda aluminium yang saling mengunci.

Produk pertama ini bisa dibilang barang gagal karena nasi yang dibuat menggunakan penanak nasi listrik dari kayu buatan Sony kebanyakan gagal membuat nasi yang enak.

2. Sharp - Pensil Otomatis
Uniknya Produk-produk Pertama yang Dibuat oleh Raksasa Elektronik Jepang

Sharp didirikan oleh Tokuji Hayakawa pada 1912. Tokuji Hayakawa mendirikan Sharp karena ingin menjual pensil buatannya yang diberinama Ever Sharp. Nama Sharp sendiri diambil dari nama produk pensil otomatis itu. Tidak hanya pensil otomatis, Tokuji Hayakawa juga membuat produk lain yang tak kalah unik yakni gesper.

3. Casio - Cincin Buat Rokok
Uniknya Produk-produk Pertama yang Dibuat oleh Raksasa Elektronik Jepang

Casio didirikan oleh Tadao Kashio pada April 1946. Produk pertama yang dia buat justru sangat unik karena berupa cincin buat para perokok. Berkat cincin itu para perokok bisa menaruh rokok di cincin tersebut karena ada lubang yang bisa menahan.

4. Hitachi - Motor Induksi
Uniknya Produk-produk Pertama yang Dibuat oleh Raksasa Elektronik Jepang

Pendiri Hitachi, Namihei Odaira menciptakan produk pertama sebuah motor induksi berkekuatan lima tenaga kuda saat pertama kali mendirikan perusahaan elektronik itu. Motor induksi itu diyakini mampu menjadi sumber tenaga buat perlengkapan listrik yang digunakan di bisnis pertambangan.


5. Toshiba - Lampu Bohlam Koil Ganda
Uniknya Produk-produk Pertama yang Dibuat oleh Raksasa Elektronik Jepang

Toshiba didirikan oleh dua perusahaan yang pionir dalam pengembangan barang-barang kelisitrikan. Keduanya adalah Tanaka Engineering Works dan Hakunetshu-sha. Setelah bergabung menjadi nama Tokyo Denki dan kemudian jadi Toshiba, produk pertama kolaborasi mereka adalah sebuah lampu bohlam koil ganda. Produk ini bahkan dimasukkan sebagai satu dari enam penemuan penting dalam sejarahlampubohlan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)