Melihat Langsung dari Dekat Pembuatan Ponsel Lipat OPPO Find N2 di Pabrik Tangerang

Kamis, 04 Mei 2023 - 21:48 WIB
loading...
Melihat Langsung dari Dekat Pembuatan Ponsel Lipat OPPO Find N2 di Pabrik Tangerang
MNC Portal Indonesia berkesempatan melihat langsung dari dekat pembuatan OPPO Find N2 Flip di pabriknya di kawasan Bayur, Kabupaten Tangerang. Foto/OPPO
A A A
TANGERANG - Ponsel layar lipat OPPO Find N2 Flip merupakan salah satu produk gadget yang banyak diminati masyarakat di Indonesia. MNC Portal Indonesia berkesempatan melihat langsung dari dekat pembuatan OPPO Find N2 Flip di pabriknya di kawasan Bayur, Kabupaten Tangerang.

Proses produksi ponsel OPPO Find N2 Flip terdiri dari tiga tahapan, yakni assembling (perakitan), testing (pengujian), dan packing (pengemasan). Untuk melewati semua proses tersebut memerlukan waktu sekitar 1,5 jam.

Adapun tahapan pertama dimulai dari pemasangan komponen layar beserta motherboardnya dari kotak komponen. Selanjutnya dilakukan pemasangan prosesor yang disertai dengan pengencangan mur pada perangkat.



Setelah proses tersebut, dilakukan pemasangan tempered glass dengan mesin khusus yang dibawa langsung dari China. Proses ini dilakukan di dalam ruangan yang bebas debu dan sangat steril.

“Pemasangan tempered glass dilakukan dengan mesin degassing di suhu tertentu selama 20-30 menit. Proses ini untuk merapatkan antigores secara presisi dan membebaskannya dari gelembung udara," kata Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia, Kamis (4/5/2023).
Melihat Langsung dari Dekat Pembuatan Ponsel Lipat OPPO Find N2 di Pabrik Tangerang


Terakhir, perangkat OPPO Find N2 Flip kembali dilakukan pengecekan dengan sensor khusus untuk memastikan tidak ada komponen yang cacat dan kurang. Baru setelahnya masuh ke tahap pengemasan.

“Seluruh proses dilakukan selama lebih dari satu jam. Untuk satu hari kami bisa memproduksi ribuan unit,” lanjut Aryo.



Lebih kanjut, Aryo menyebut bahwa setelah semua proses produksi dilakukan, OPPO akan kembali mengambil beberapa sampel perangkat untuk melewati uji banting, uji presisi kamera, uji penyolokan kabel, dan uji ketahanan engsel.

“OPPO melakukan pengujian secara ekstrem hingga 400.000 kali lipatan. Ini setara dengan penggunaan lebih dari 10 tahun, dengan pembukaan dan penutupan layar sebanyak 100 kali dalam sehari,” pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2774 seconds (0.1#10.140)