Pengguna Android Dilarang Iri, WhatsApp Punya Fitur Eksklusif untuk iPhone

Selasa, 02 Mei 2023 - 19:47 WIB
loading...
Pengguna Android Dilarang Iri, WhatsApp Punya Fitur Eksklusif untuk iPhone
WhatsApp memiliki fitur eksklusif terbaru untuk pengguna iPhone. Foto: dok iMore
A A A
JAKARTA - WhatsApp baru saja merilis fitur eksklusif untuk platform iOS. Khususnya, pengguna iPhone . Yakni, fitur transkrip voice note atau pesan suara. Pembaruan ini hadir dalam Program uji coba TestFlight Beta.

Fitur baru tersebut hadir dengan nomor versi 2.23.9.70. Sayangnya, fitur baru ini tidak akan hadir untuk pengguna Android dalam waktu dekat.

Sesuai namanya, fitur transktip pesan suara berfungsi untuk mentranskripsikan pesan suara menjadi teks. Sehingga penerima dapat membacanya alih-alih mendengarkan audio.

Ini menjadi sangat berguna ketika pengguna kebetulan berada di tempat di mana mereka tidak dapat memutar audio sehingga bisa membuat komunikasi jauh lebih fleksibel dan mudah diakses.

Seperti dihimpun dari Gizchina, Selasa (2/5), saat pengguna mengaktifkan fitur transktip pesan suara, mereka akan melihat gelembung di bawah pesan suara.

Ini membuat lebih mudah bagi pengguna membaca konten pesan suara. Setelah memperbarui, fitur ini akan diaktifkan secara default. Namun, pengguna dapat menonaktifkannya.

Untuk menonaktifkannya, cukup buka Pengaturan WhatsApp > Obrolan > Transkrip Pesan Suara. WhatsApp memastikan bahwa fitur ini selalu terjaga dalam enkripsi end-to-end.

Ini karena transkripsi berlangsung di perangkat pengguna. Itu memanfaatkan paket bahasa yang sudah ada di perangkat. Artinya, transkripsi juga tidak akan tersedia untuk semua perangkat iOS.



Fitur tersebut menggunakan API terbaru dari iOS 16 yang memungkinkan transkripsi suara diproses secara lokal di perangkat. Dengan fitur transkripsi, pengguna juga dapat mencari konten tertentu di dalam pesan suara.

Sekali lagi, fitur ini eksklusif untuk perangkat iOS. Jadi pengguna Android harap bersabar sampai WhatsApp menghadirkannya dalam beberapawaktukedepan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)