Microsoft Tabuh Genderang Perang Era Baru Browser Bertenaga AI

Jum'at, 28 April 2023 - 17:05 WIB
loading...
Microsoft Tabuh Genderang Perang Era Baru Browser Bertenaga AI
Ilustrasi open AI chat GPT. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Era baru perang mesin pencarian atau browser dimulai. Pemicunya adalah lahirnya teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Dilansir dari Fox Business, perlombaan untuk AI di browser web meningkat dengan pengumuman Microsoft awal tahun ini. Mereka telah meluncurkan versi baru browser web bertenaga AI dari mesin pencari Bing dan browser web Edge menggunakan ChatGPT, alat yang dikembangkan oleh OpenAi melalui kemitraan dengan Microsoft.

"Sebelumnya Google Chrome menyalip Microsoft Internet Explorer, pada 2012 sebagai browser web paling populer," tulis laman itu, dikutip Jumat (28/4/2023).



Data terbaru Maret 2023 menempatkan pangsa pasar Google Chrome sebesar 64,8%, diikuti oleh Apple's Safari sebesar 19,5%, Microsoft's Edge sebesar 4,6%, dan Firefox Mozilla 2,9%.

CEO Microsoft, Satya Nadella mengatakan, pencarian melalui browser Bing dan Browser EDGE bertenaga AI mengalami peningkatan sejak diluncurkan dua bulan lalu.

"Kami membuat kemajuan dalam keuntungan saham. Edge mengambil saham untuk kuartal kedelapan, dan Bing sekali lagi tumbuh di Amerika Serikat," ungkapnya.

Menurut laporan News York Times, keuntungan Microsoft setelah rilis Edge baru dan Bing dilaporkan memicu kekhawatiran Google ketika mereka mengetahui bahwa Samsung sedang mempertimbangkan untuk mengganti Google dengan Bing sebagai opsi default perangkatnya.



Laporan itu menambahkan, Google mengumpulkan satuan tugas untuk mengerjakan fitur pencarian AI di bawah nama kode Magi yang dapat memiliki peluncuran awal bulan depan dengan fitur tambahan di musim gugur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2281 seconds (0.1#10.140)