Ilmuwan Jepang Tengah Mengembangkan Mesin Cuci Manusia, Cocok untuk yang Malas Mandi

Jum'at, 28 April 2023 - 14:45 WIB
loading...
Ilmuwan Jepang Tengah Mengembangkan Mesin Cuci Manusia, Cocok untuk yang Malas Mandi
Mesin cuci manusia mungkin terdengar cukup asing di telinga masyarakat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mesin cuci manusia mungkin terdengar cukup asing di telinga masyarakat. Karena umumnya, hanya benda seperti mesin cuci pakaian atau mesin cuci piring yang banyak diketahui.

Namun, lain halnya dengan para Ilmuwan Jepang. Dalam hal ini, mereka sejak tahun 2022 lalu dikabarkan tengah merancang sebuah alat berupa mesin cuci khusus untuk manusia .

Mengutip laman Daily Mail, Jumat (28/4/2023), ilmuwan Jepang merancang sebuah alat berupa ‘mesin cuci manusia’ yang dapat membersihkan tubuh penggunanya dengan praktis dan mudah.



Alih-alih mandi biasa dengan membasuh sekujur tubuh, pengguna bisa mandi dengan santai sambil memutar musik atau video kesukaannya melalui AI. Alat tersebut nantinya akan berisikan air yang mengandung gelembung udara halus dan dirancang khusus untuk menghilangkan kotoran pada tubuh.

Sejarah Pengembangan Mesin Cuci Manusia di Jepang

Dalam riwayatnya, ide terkait ‘mesin cuci manusia’ ini berasal dari perusahaan teknologi Jepang yang berbasis di Osaka. Singkatnya, perancangan alat tersebut dijuluki ‘Project Usoyaro’.

Tujuan dari pengembangan ‘mesin cuci manusia’ ini disebut sebagai sarana membasuh tubuh sekaligus membuat rileks pikiran penggunanya. Tak hanya itu, pengembang juga ingin memberikan pengalaman berharga yang nyaman bagi para penggunanya nanti.

Alat canggih tersebut diperkirakan akan selesai pada tahun 2024 mendatang. Sementara itu, untuk debutnya sendiri direncanakan akan berlangsung di Osaka Expo 2025.



Melihat sejarahnya, ternyata proyek tersebut terinspirasi oleh Pemandian Ultrasonik berbentuk oval yang pernah dipamerkan Sanyo Electric di Osaka Expo 1970. Sejalan dengan hal tersebut, perusahaan Science berusaha untuk membuat versi lebih baru dari alat itu.

Cara Mesin Cuci Manusia Bekerja

Pengguna akan duduk di kursi mandi yang nyaman. Nantinya, mereka akan disiram dengan air dan gelembung mikro yang dapat menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit mereka.

Pada salah satu fiturnya, terdapat sebuah sensor di kursi mandi yang terhubung ke elektrokardiograf dengan fungsi mengukur detak jantung mereka. Para peneliti menggunakan teknologi tersebut untuk memantau keadaan sistem saraf pengguna, serta melihat seberapa santai mereka saat menggunakan produknya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)