Teknologi AI Dapat Membuat Orang Meninggal Hidup Selamanya

Senin, 17 April 2023 - 18:38 WIB
loading...
Teknologi AI Dapat Membuat Orang Meninggal Hidup Selamanya
Ilustrasi teknologi AI. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Teknologi artificial intelligence (AI) berhasil membuat terobosan baru membuat orang meninggal hidup selamanya. Caranya, dengan rekaman suara dan video mereka semasa hidup memakai Avatar.

Seperti dilansir dari Mirror, teknologi terbaru AI dapat membuat orang-orang yang meninggal hidup selamanya.

Dr Pratik Desai, ahli AI yang telah mendirikan beberapa startup mengatakan, lakukan rekaman suara dan video secara teratur terhadap orang tua, anak, istri, dan orang-orang yang dicintai, lalu unggah di komputer.



"Sekali data yang masuk cukup, termasuk rekaman suara dan video. Orang mungkin dapat merasa dekat dengan mereka yang tekah meninggal," katanya, dikutip Senin (17/4/2023).

Menurutnya, dengan data transkrip yang cukup, sintesis suara baru dan model video, ada kemungkinan 100% bahwa mereka yang telah meninggal terasa seperti hidup selamanya setelah mereka meninggalkan tubuh fisiknya.

"Ini harus dimungkinkan pada akhir tahun," sambungnya.

Tahun lalu, Artur Sychov, CEO dan pendiri Somnium Space versi Metaverse, memutuskan untuk membuat fitur baru yang disebut mode Live Forever setelah kematian ayahnya.



Fitur yang akan datang secara efektif memungkinkan orang untuk memiliki gerakan dan percakapan mereka disimpan sebagai data, kemudian digandakan sebagai avatar yang dapat bergerak, adn berbicara.

Pakar Metaverse mengatakan, fitur itu akan memungkinkan orang untuk berbicara dengan orang yang mereka cintai kapan pun mereka mau, bahkan setelah kematian mereka.

"Secara harfiah, jika saya mati dan saya memiliki data ini, orang dapat datang atau anak-anak saya, mereka dapat masuk, dan mereka berbicara dengan avatar saya, dengan gerakan saya, dengan suara saya," jelasnya.

Pada Juni 2022, Amazon mengatakan, Alexa mungkin dapat meniru suara kerabat yang mati dalam rencananya untuk membuat kenangan terakhir terhadap mereka yang meninggal akibat pandemi Covid-19.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5100 seconds (0.1#10.140)