Indonesia Games Championship Sukses Datangkan Gamer dari Pelosok Indonesia

Senin, 20 Juli 2020 - 21:03 WIB
loading...
Indonesia Games Championship Sukses Datangkan Gamer dari Pelosok Indonesia
Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa karena walaupun terselenggara di tengah situasi darurat pandemik, kompetisi ini menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumny
A A A
JAKARTA - Indonesia Games Championship (IGC) 2020 sukses menjaring peserta. Perhelatan esports yang dihadirkan Telkomsel melalui Dunia Games ini telah diikuti oleh 31.442 peserta/penggiat mobile game yang tersebar dari seluruh Indonesia. (Baca juga: Anna Ladaina si Cantik yang Doyan Main Esports )

Melalui gelaran tersebut, Dunia Games berkomitmen untuk terus bergerak maju mengembangkan industri mobile gaming yang positif. Salah satunya diwujudkan dengan penguatan ekosistem esport di Tanah Air. "Termasuk membuka kesempatan bagi penggiat mobile game dalam mengakselerasikan kemampuan dan mempererat hubungan komunitas hingga pelosok negeri," kata General Manager Games and Publishing Telkomsel, Auliya Ilman Fadli di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Upaya tersebut semakin melengkapi konsistensi Dunia Games dalam menjalankan empat pilar utama layanannya yang meliputi portal media komunitas, penerbit game, penyelenggara kompetisi, dan layanan pembayaran. Kesemuanya menjadi rangkaian penegasan komitmen Telkomsel dalam menjalankan roadmap layanan digital terdepan di Indonesia.

“Telkomsel terus memaksimalkan perannya sebagai society enabler dengan memaksimalkan aset digital perusahaan untuk menghubungkan komunitas dalam ekosistem esport di Indonesia melalui Dunia Games," ucap Auliya.

Beradaptasi dengan kenormalan baru di masa pandemi ini, sambung dia, Dunia Games juga berkolaborasi dengan Garena dalam merancang agar kompetisi IGC 2020 tetap dapat diselenggarakan secara online. Hal ini dimaksudkan agar Dunia Games tetap dapat mengakselerasikan perkembangan ekosistem esport secara utuh.

"Sekaligus mendorong para penggiat di dalamnya agar termotivasi untuk terus bergerak maju dalam berkarya, dan berkontribusi positif terhadap kemajuan ekosistem esport di Indonesia dalam segala situasi dan kondisi,” katanya.

Business Development Esports Manager Garena Indonesia, Wijaya Nugroho mengatakan, dari tahun ke tahun pertumbuhan gaming dan Esports di Indonesia sangat luar biasa. Antusias dari ekosistem gaming dan esports di Indonesia tak terbendung, karena itu ekosistem gaming dan esports perlu berkolaborasi untuk menjaga pertumbuhan ekosistem di Indonesia.

"Garena telah menjalani sejumlah kerja sama strategis bersama Telkomsel dan Dunia Games, salah satunya dengan menggelar kompetisi Indonesia Games Championship 2020 dan Dunia Games Golden Ticket FFIM 2019. Kami akan sangat senang dapat memperluas lingkup kolaborasi kami dengan Telkomsel dan Dunia Games supaya dapat bersama-sama memajukan ekosistem esports di Indonesia,” tutur Wijaya.

Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa karena walaupun terselenggara di tengah situasi darurat pandemik COVID-19, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya. Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51% dibandingkan IGC 2019, dan sekitar 190% daripada awal penyelenggaraannya pada 2018.

Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalama gelaran IGC 2020. Rinciannya, lebih dari 1.200 di antaranya adalah peserta perempuan yang terbagi dalam 300 tim.

Di samping itu, keikutsertaan peserta dalam IGC 2020 juga semakin meluas. Keseluruhan peserta berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia. Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua dan Maluku, serta Bali dan Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta.

Sedangkan wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yakni sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.

“Tumbuhnya jumlah peserta, keikutsertaan peserta perempuan, serta meluasnya sebaran perwakilan peserta IGC 2020 dari berbagai wilayah di Indonesia ini semakin menambah optimisme Telkomsel dalam melanjutkan komitmen membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia," papar Auliya.

Dia mengutarakan, sejak awal memutuskan untuk serius dalam bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel yakin bisnis layanan digital seperti mobile gaming akan semakin berkembang luas seiring semakin mudahnya masyarakat mendapatkan askes jaringan broadband yang merata hingga pelosok negeri. Ini juga mendorong Telkomsel untuk terus menjadikan Dunia Games sebagai salah satu generator layanan digital yang dapat menguatkan potensi ekonomi digital masyarakat tidak hanya di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Di sisi lain, Telkomsel juga secara konsisten terus berupaya meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan digital, termasuk layanan mobile gaming, dengan tetap menghadirkan infrastruktur broadband berteknologi terdepan. Hingga periode kuartal pertama 2020, Telkomsel telah menggelar lebih dari 219.000 BTS di seluruh Indonesia. Sebagian besar merupakan BTS broadband berteknologi 3G dan 4G.

Memasuki pertengahan tahun ini, perusahaan juga telah berencana untuk memperluas cakupan jaringan 4G LTE melalui penambahan lebih dari 25.000 BTS 4G LTE. Semua difokuskan untuk mendukung aktivitas pelanggan di seluruh pelosok negeri, terutama di area residensial.

IGC 2020 sendiri mempertandingkan empat game, yaitu League of Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. Kompetisi tersebut telah memasuki babak kualifikasi nasional dan akan menggelar Grand Final pada akhir Agustus mendatang.

"Rangkaian kegiatan IGC 2020 yang diselenggarakan secara online dapat disaksikan di berbagai channel digital Dunia Games serta aplikasi MAXstream," pungkasnya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)