iPhone 15 Pro Kemungkinan Hadir dengan Tombol Biasa

Kamis, 13 April 2023 - 11:00 WIB
loading...
iPhone 15 Pro Kemungkinan Hadir dengan Tombol Biasa
iPhone 15 Pro Max. FOTO/ TV
A A A
JAKARTA - Model iPhone Pro generasi yang akan datang yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, diharapkan memiliki perubahan desain yang bagus.

Sempat beredar rumor soal model iPhone 15 Pro yang akan membuang tombol fisik untuk tombol dan dan volume solid-state. Tapi, seorang analis menyebutkan bahwa itu kemungkinan tidak terjadi.



Karena, analis Apple ternama, Ming-Chi Kuo mengatakan, bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max tidak akan datang dengan tombol solid-state. Hal itu lantaran pembuat iPhone mengalami masalah teknis yang belum terselesaikan sebelum produksi massal dimulai.

Seperti yang dilansir dari gadgetsnow, analis tersebut sebelumnya mengatakan, bahwa model iPhone 15 Pro akan menampilkan tombol solid-state dan membuang tombol fisik.

Ming-Chi Kuo juga menambahkan, bahwa model iPhone Pro yang akan datang akan memiliki dua Mesin Taptic tambahan, untuk memberikan feedback haptic, mensimulasikan nuansa menekan tombol yang sangat mirip dengan cara kerja touch Id atau trackpad pada iPhone dan MacBook generasi baru.

"Survei terbaru saya menunjukkan bahwa karena masalah teknis yang belum terselesaikan sebelum produksi massal, kedua model iPhone 15 Pro kelas atas (Pro & Pro Max) akan meninggalkan desain tombol solid-state yang diawasi ketat dan kembali ke desain tombol fisik tradisional," tulis Kuo dalam catatan penelitian terbarunya, seperti yang dikutip dari gadgetsnow, Rabu (12/4/2023).

Menurut Ming-Chi Kuo, desain tidak akan memengaruhi produksi massal atau pengiriman, karena seri iPhone 15 masih dalam tahap EVT.

Sementara itu, analis lain dari Haitong Tech, Jeff Pu, sebelumnya mengatakan juga bahwa iPhone 15 Pro mungkin tidak memiliki tombol solid-state.

Karena, sesuai sumber rantai pasokan, Apple sudah membatalkan rencana untuk menerapkan tombol solid-state pada model iPhone 15 Pro, lantaran desainnya yang rumit.

Jeff Pu mencatat, bahwa model iPhone 15 Pro yang akan datang, akan berlanjut dengan desain tombol volume yang sama seperti iPhone generasi sebelumnya.

Menurut Pu, tombol solid-state baru akan membutuhkan tiga mesin Haptic, yang menimbulkan beberapa kerumitan. Jadi, kemungkinan tombol solid-state mungkin tidak tersedia di model iPhone 2024.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)