Model AI Terbaru Meta Bisa Identifikasi Objek dalam Gambar

Jum'at, 07 April 2023 - 23:27 WIB
loading...
Model AI Terbaru Meta Bisa Identifikasi Objek dalam Gambar
Ilustrasi Meta. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Meta meluncurkan model artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat memilih objek individu dalam sebuah gambar, bersama dengan kumpulan data anotasi gambar yang terbesar dari jenisnya.

Divisi penelitian perusahaan melaporkan, bahwa model AI terbaru yang bernama Segment Anything Model atau SAM itu dapat mengidentifikasi objek dalam gambar dan video.

Bahkan dalam beberapa kasus, di mana data objek tersebut sebenarnya belum pernah diinput. Kehadiran SAM tidak lepas dari riak AI yang sedang populer, yakni ChatGPT yang diciptakan oleh perusahaan Elon Musk, OpenAI.



Chatbot AI ChatGPT memicu gelombang investasi dan perlombaan untuk mendominasi ruang kecerdasan buatan.

Meta telah menggoda beberapa fitur yang menyebarkan jenis AI generatif yang dipopulerkan oleh ChatGPT, yang membuat konten baru alih-alih hanya mengidentifikasi atau mengkategorikan data seperti AI lainnya, meskipun belum merilis produk.

Contohnya alat yang memutar video surealis dari petunjuk teks dan alat lain yang menghasilkan ilustrasi buku anak-anak dari prosa. Mark Zuckerberg mengatakan, bahwa memasukan AI generatif seperti itu ke dalam aplikasi Meta adalah prioritas tahun ini.



Meta memang sudah menggunakan teknologi yang mirip dengan SAM secara internal untuk aktivitas seperti menandai foto, memoderasi konten yang dilarang, dan menentukan postingan mana yang akan direkomendasikan kepada pengguna Facebook dan Instagram.

Perusahaan mengatakan rilis SAM akan memperluas akses ke jenis teknologi tersebut. Model dan kumpulan data SAM akan tersedia untuk diunduh di bawah lisensi non-komersial.

Pengguna yang mengunggah gambar mereka sendiri ke prototipe yang menyertai juga harus setuju untuk menggunakannya hanya untuk tujuan penelitian.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)