Kamera CCTV di 2023 Semakin Canggih: Resolusi HD, IP67, dan Sudah Gunakan AI

Jum'at, 31 Maret 2023 - 11:04 WIB
loading...
Kamera CCTV di 2023 Semakin Canggih: Resolusi HD, IP67, dan Sudah Gunakan AI
Kamera CCTV dengan teknologi AI semakin dicari, untuk memudahkan melacak, merekam, dan menggali kembali data rekaman video. Foto: dok Synology
A A A
JAKARTA - Kamera CCTV di 2023 tidak hanya semakin terjangkau, tapi juga semakin canggih. Tren ini disebut sebagai Smart Surveillance.

Closed Circuit Television atau CCTV semakin jadi fitur wajib di rumah ataupun perkantoran. Sistem pengawasan video yang terdiri dari kamera atau perangkat perekam untuk memantau suatu area tertentu secara terus-menerus itu dirancang semakin banyak fiturnya, serta mudah digunakan.

Mengapa harus memasang CCTV ? Karena bisa membantu mencegah kejahatan, memperkuat bukti dalam kasus-kasus kriminal, juga meningkatkan keamanan dan keselamatan.

Product Manager Kamera Synology Lori Hsieh menyebut bahwa kebutuhan terhadap kamera CCTV, terutama di perkantoran semakin meningkat. Sebaliknya, konsumen juga lebih banyak menuntut. “Mereka ingin kebutuhan akan keamanan dapat terpenuhi apapun kondisinya,” ujar Lori.

Menurutnya, Synology berupaya memenuhi kebutuhan konsumen lewat aplikasi Synology Surveillance Station, yang memberikan Kemudahan dari sisi implementasi, pemantauan, dan pengarsipan rekaman. Lebih spesifik lagi, melalui dua model baru kamera IP CCTV BC500 dan TC500.

“Kedua kamera tersebut memiliki kemampuan AI canggih, kualitas video tinggi, serta terintegrasi dengan sistem manajemen video Surveillance Station. Sehingga cocok untuk bisnis atau organisasi," ujar Lori.

5 MP dan IP67

BC500 dan TC500 dilengkapi sensor 5 MP yang bisa merekam di resolusi 2880x1620 piksel pada 30 FPS (frame per detik). Sudut pandangnya horizontal 110°, menghasilkan video detail dan mulus pada cakupan area luas.

Tingkat ketahanannya IP67, terlindungi dari debu dan air. Sementara jangkauan penglihatan malam diklaim mencapai 30 meter.

“Istimewanya ada kemampuan HDR multi-eksposur, sehingga cocok di dalam maupun di luar ruangan. Pengguna dapat memantau koridor dan jalan masuk, ruang terbuka yang luas, seperti gudang dan tempat parkir, serta berbagai tempat lain, seperti museum,” beber Lori.

Teknologi AI untuk Smart Surveillance
Kamera CCTV di 2023 Semakin Canggih: Resolusi HD, IP67, dan Sudah Gunakan AI

Lori menyebut BC500 dan TC500 dilengkapi kemampuan AI pada yang dapat memberikan peringatan akurat dan tepat waktu kepada pengguna sehingga respons terhadap insiden menjadi lebih cepat.



Fitur seperti Deteksi Orang dan Kendaraan (People and Vehicle Detection), Deteksi Penyusupan (Intrusion Detection), dan Pencarian Instan (Instant Search) memungkinkan pengguna lebih mudah mengidentifikasi potensi ancaman, dengan cepat menyelidiki area yang diawasi, serta melacak dan mengambil rekaman relevan.

Menariknya lagi, BC500 dan TC500 dapat diintegrasikan dengan Surveillance Station. “Semua konfigurasi kamera dan pengaturan jaringan dapat dikelola langsung dalam lingkungan yang dihosting SynologyNAS,”ujarnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2369 seconds (0.1#10.140)