Pasar Smartphone Terbesar Kedua Dunia Turun Drastis Selama Kuartal Dua

Minggu, 19 Juli 2020 - 11:47 WIB
loading...
Pasar Smartphone Terbesar Kedua Dunia Turun Drastis Selama Kuartal Dua
Penjualan handphone di India turun selama kuartal dua tahun 2020 akibat kebijakan lockdown melawan COVID-19. Foto/Ist
A A A
NEW DELHI - Pandemik COVID-19 berdampak negatif terhadap pasar smartphone terbesar kedua di dunia, India, selama kuartal kedua tahun 2020. (Baca juga: Jelang Lawan Leganes, Zidane Tolak Stempel Pelatih Istimewa )

Menurut Canalys, wabah global virus Corona menyebabkan penghentian produksi smartphone di negara tersebut. Ditambah permintaan handset turun tajam karena pengecer. baik online maupun offline tidak diizinkan untuk melakukan penjualan.

Ini adalah kondisi di India sampai pertengahan Mei. Itu berarti COVID-19 memengaruhi pasokan dan permintaan ponsel cerdas di sana untuk setengah dari Q2.

Xiaomi Tetap Memimpin Pasar
Xiaomi dengan pendekatan nilai untuk uang yang dibuat khusus untuk negara berkembang seperti India, tetap menjadi produsen ponsel pintar teratas di pasar selama kuartal kedua. Meskipun pengiriman hanya 5,3 juta unit atau turun 48% tahun-ke-tahun -tahun lalu mengirim 10,3 juta ponsel selama kuartal yang sama- pangsa pasar Xiaomi hampir tidak menurun dari 31,3% selama Q2 2019 menjadi 30,9% selama kuartal kedua tahun 2020.

Merek China lainnya, vivo berada di urutan kedua setelah mengirim 3,7 juta ponsel selama tiga bulan di kuartal kedua. Bahkan dengan penurunan 36% dalam jumlah ponsel yang dikirim, pangsa pasar produsen naik dari 17,5% menjadi 21,3% dari April hingga Juni tahun ini.

Sedangkan pasar Samsung di India menurun 60% setiap tahun karena jumlah ponsel yang dikirimkan turun dari 7,3 juta menjadi 2,9 juta. Bahkan seri Galaxy A yang populer tidak bisa menghentikan penurunan ketika Sammy melihat bagiannya merosot dari 22,1% di 2019 menjadi 16,8% di kuartal dua tahun ini.

Oppo menempati peringkat keempat dengan penurunan 27% dalam hal pengiriman dari 3 juta menjadi 2,2 juta. Dan di tempat kelima ada realme. Merek terakhir mengirimkan 1,7 juta ponsel selama tiga bulan kedua 2020, 1 juta atau 35% lebih sedikit daripada kuartal yang sama tahun lalu. Realme memiliki 10% dari pasar ponsel pintar India di Q2, naik dari 8,1% selam Q2 2019.

Analis Canalys Madhumita Chaudhary, mengatakan, ketika vendor akan menyaksikan lonjakan penjualan segera setelah pasar dibuka, fasilitas produksi berjuang dengan kekurangan staf di atas peraturan baru di sekitar manufaktur. Imbasnya, output produksi menjadi lebih rendah.

Xiaomi dan vivo telah melakukan strategi O2O (offline-to-online) untuk mendukung jaringan offline besar mereka. Saluran online, sambil melihat efek positif dari pandemik pada pangsa pasar, telah melihat penurunan penjualan secara signifikan.

Apa yang mungkin berdampak negatif pada produsen ponsel China seperti Xiaomi, vivo, Oppo, dan Realme di India selama kuartal saat ini adalah pertempuran perbatasan antara kedua negara. Sebanyak 20 tentara India terbunuh oleh China dan India mulai menahan pengiriman dari China ke negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8113 seconds (0.1#10.140)