Beli Rp664 Triliun, Elon Musk Kini Nilai Twitter Seharga Rp302,1 Triliun

Selasa, 28 Maret 2023 - 09:40 WIB
loading...
Beli Rp664 Triliun, Elon Musk Kini Nilai Twitter Seharga Rp302,1 Triliun
Elon Musk menilai Twitter lebih murah dibanding saat dia beli. Foto/Engadget
A A A
JAKARTA - Elon Musk pemilik Twitter kini menilai perusahaanya itu memiliki nilai sebesar USD20 miliar atau setara Rp302,1 Triliun. Angka itu jauh lebih rendah dibanding saat dibeli olehnya di angka USD44 miliar atau mencapai Rp664 Triliun.

Angka Rp302,1 triliun itu disebutkan oleh Elon Musk dalam internal memo yang diedarkan ke seluruh karyawan Twitter. Internal memo itu dibuat sebagai langkah lanjutan program kompensasi saham baru.

Dalam surat yang sama Elon Musk juga mengatakan saat ini kondisi Twitter masih belum sehat secara finansial. Dia malah mengatakan selama empat bulan belakangan ini Twitter justru tidak memegang uang tunai.

"Twitter sedang dibentuk ulang dengan cepat," sebut Elon Musk dalam memo internal tersebut.



Beli Rp664 Triliun, Elon Musk Kini Nilai Twitter Seharga Rp302,1 Triliun


Hanya saja banyak orang memandang pesimis langkah penilaian yang dilakukan Elon Musk. Diduga cara itu merupakan upaya Elon Musk untuk terus melakukan pengurangan jumlah karyawan yang dianggap masih jadi beban perusahaan.

Engadget menyebutkan beberapa langkah yang sudah dilakukan oleh Elon Musk di Twitter terbukti tidak berhasil menyehatkan kondisi perusahaan. Salah satu buktinya adalah program kontroversial centang biru Twitter yang berbayar.

Hal itu berpengaruh besar pada perusahaan pengiklan di Twitter. Sebanyak 500 pengiklan justru memutuskan untuk tidak pasang iklan untuk sementara sampai Twitter benar-benar beres. Selebihnya banyak juga pengiklan yang memutuskan hengkang.



"Pada awal 2023 ini pendapatan Twitter justru turun sebesar 40 persen dibanding tahun lalu," tulis Engadget.

Pemasukan dari centang biru berbayar juga tidak bisa diharapkan mendongkrak kondisi keuangan Twitter. Pasalnya hingga kini di Amerika Serikat saja baru ada 180.000 pengguna centang biru Twitter.

Analis dari Platformer, Zoe Schiffer mengatakan Elon Musk masih yakin Twitter bisa mendatangkan profit. "Arah menuju ke sana jelas namun akan sangat sulit," jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)