Tren AC 2023: Selain Irit Listrik Juga Tidak Boleh Berisik

Kamis, 16 Maret 2023 - 12:35 WIB
loading...
Tren AC 2023: Selain Irit Listrik Juga Tidak Boleh Berisik
AC LG New Cool mengklaim hanya memiliki suara 27 desibel atau lebih senyap dari ruang perpustakaan yang 40 desibel. Foto: dok LGEIN
A A A
JAKARTA - Konsumen lebih menuntut terhadap produk AC yang dipasarkan sekarang. Selain harus dingin, wajib hemat listrik, juga tidak boleh berisik. Hal tersebut disampaikan Product Director of Air Solution for LG Electronics Indonesia Mike Kim.

Mike sendiri memahami mengapa masalah suara saja harus jadi fitur yang penting dalam produk pendingin udara. “Ya, karena kalo AC nggak berisik otomatis akan menambah kenyamanan kan?,” katanya.

Dan agaknya LG Electronics Indonesia (LG) menganggap kesenyapan pengoperasian AC sebagai hal serius lewat model terbaru AC LG New Eco yang diklaim memiliki tingkat kebisingan hanya 27 desibel.

Desibel (dB) adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Sebagai perbandingan, ruang perpustakaan yang tenang memiliki tingkat kebisingan rata-rata sebesar 40 desibel, suara bisikan antara 30-40 desibel, keributan kantor 60 desibel, dan lalu lintas kendaraan bisa mencapai 80 dB-100 dB.

Selain tidak berisik, Mike mengklaim teknologi inverter di AC LG New Eco menjaga konsumsi listrik tetap irit. “AC bisa berjalan hanya dengan 40% kebutuhan konsumsi listrik normalnya. Ada 4 tingkat pengaturan daya yang bisa dipilih lewat satu tombol di remote control,” katanya.

Tren AC 2023: Selain Irit Listrik Juga Tidak Boleh Berisik

Ia mencontohkan, pengguna bisa memilih menu pengaturan listrik rendah di malam hingga pagi hari yang cenderung sejuk. “Suhu tubuh manusia cenderung turun saat sedang tidur. Listrik juga lebih hemat,” beber Mie.

Fitur lainnya di AC LG New Eco antara lain pre-filter untuk menjebak partikel debu besar yang dapat dengan mudah dilepas pasang untuk pembersihan mandiri, hingga fitur Auto Cleaning untuk pembersihan otomatis yang bekerja mengeringkan embun dalam unit AC LG New Eco.



AC LG New Eco memiliki pilihan kapasitas pendinginan luas mulai ½ PK hingga 2 PK. “Sudah bisa dibeli di berbagai jaringan toko elektronik di berbagai daerah maupun platform pemasaran daring utama di Indonesia,” bebernya.

AC LG New Eco ukuran 1.5 PK di toko online dijual Rp7,4 jutaan, sementara 1 PK di angkaRp5,5jutaan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2955 seconds (0.1#10.140)