Mengenal Abdulfattah Jandali, Ayah Kandung Steve Jobs Imigran Suriah yang Jarang Diketahui Orang

Selasa, 14 Maret 2023 - 20:50 WIB
loading...
Mengenal Abdulfattah Jandali, Ayah Kandung Steve Jobs Imigran Suriah yang Jarang Diketahui Orang
Mengenal Abdulfattah Jandali, Ayah Kandung Steve . FOTO/ AFP
A A A
TEXAS - Steve Jobs telah dikenal sebagai inovator besar dalam dunia teknologi usai ciptakan Apple. Meski telah meninggal pada 2020 lalu, namun masih banyak hal yang belum banyak orang ketahui tentangnya.



Salah satunya adalah tentang ayah kandung Steve Jobs yang merupakan seorang imigran Suriah. Abdulfattah Jandali diketahui merupakan nama dari ayah kandung bos Apple tersebut.

Dilansir dari Macworld, Steve Jobs lahir di California, dia sebenarnya diadopsi, dan ayah kandungnya adalah seorang migran politik dari kota Homs di Suriah.

Abdulfattah Jandali lahir pada tahun 1931 dan merupakan anak bungsu dari sembilan bersaudara yang lahir dari keluarga muslim di Suriah.

Menurut Biografi resmi Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson, pada awal 1950-an Jandali sempat belajar di American University of Beirut.

Sebelumnya Jandali sempat ingin belajar hukum di Universitas Damaskus untuk menjadi pengacara, tetapi ayahnya tidak setuju dengan pilihannya tersebut.

Ketika mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi, dia dikenal sebagai seorang aktivis nasionalis Arab, dan kerap berdemonstrasi untuk kemerdekaan Aljazair.

Tidak seperti kebanyakan imigran Suriah yang memilih melarikan diri ke Eropa, Jandali pindah ke New York, di mana dia tinggal bersama seorang kerabat, Najm Eddin al-Rifai, yang merupakan duta besar Suriah untuk PBB.

Jandali belajar di Universitas Kolombia dan Universitas Wisconsin di mana dia menerima beasiswa yang memungkinkannya memperoleh gelar Ph.D. dalam Ilmu Ekonomi dan Politik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5873 seconds (0.1#10.140)