Prioritas YouTube di 2023: Kreator Lebih Cuan, Penonton Lebih Aman

Sabtu, 04 Maret 2023 - 21:19 WIB
loading...
Prioritas YouTube di 2023: Kreator Lebih Cuan, Penonton Lebih Aman
YouTube akan terus memberikan kesempatan bagi kreator untuk menghasilkan uang. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Bos baru YouTube Neal Mohan mulai membeberkan strategi platform video dengan 2 miliar pengguna itu di 2023. Menurut Mohan, sudah ada beberapa prioritas yang akan jadi fokus YouTube di tahun ini.

”Kami tetap memastikan keamanan komunitas, memastikan kesuksesan pembuat konten YouTube, juga fokus membangun YouTube di masa depan,” ujarnya.

Mohan menjelaskan, kreator video dan penonton akan menjadi prioritas penting dalam perkembangan YouTube tahun ini. Hal itu dikarenakan para kreator dan artis memiliki peran cukup penting dalam perkembangan YouTube sampai sekarang.

Penelitian Oxford Economics menunjukkan ekosistem kreatif YouTube telah mendukung lebih dari dua juta pekerjaan pada 2021 di seluruh penjuru dunia, mulai Brasil, Kanada, India, Jepang, AS, Prancis, Australia, hingga Turki.

Tahun ini, YouTube berkomitmen untuk tetap membantu para pembuat konten semakin sukses.

“Saat YouTube baru mulai, saya bisa melihat potensinya. Sekarang saya bersemangat untuk bertanggung jawab atas masa depannya,” kata Mohan.

YouTube, disebut Mohan akan menciptakan lebih banyak cara bagi kreator untuk menghasilkan uang. Misalnya dengan memberi fitur langganan baru, memperluas umpan balik kreator, memungkinkan penonton menggabungkan klip Shorts, hingga fitur menggabungkan konten game.

Mohan mengatakan juga akan fokus pada penonton yang menyaksikan YouTube melalui TV. Tahun ini pihaknya akan memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan pengalaman penonton terhubung satu sama lain dengan para kreator.

Selain itu, tahun ini YouTube juga akan mempermudah pembuat konten dan artis untuk mempublikasikan Podcast mereka melalui YouTube Studio.
YouTube Music juga segera mendapat pembaruan demi menghasilkan audio dan video podcast yang lebih baik.



Berkaitan dengan Shorts, Mohan menyebut YouTube bakal merilis alat terbaru tahun ini yang memungkinkan kreator merekam video Shorts di samping video YouTube lainnya. Hal ini mirip fitur Remix pada TikTok dan Instagram.

“Semua upaya ini penting, namun sebagai orang tua, saya sangat peduli dengan apa yang kami lakukan untuk menjaga anak-anak tetap aman di platform kami. Karena itu, kami juga akan meningkatkan perlindungan terhadap para penonton,”tutupMohan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)