7 Cara Praktis Screenshot di Komputer Mac dan Windows

Jum'at, 03 Maret 2023 - 14:30 WIB
loading...
7 Cara Praktis Screenshot di Komputer Mac dan Windows
Cara melakukan screenshot di Windows dan Mac ternyata sangat mudah dilakukan. Foto/iDownloadBlog
A A A
JAKARTA - Screenshot atau melakukan tangkapan layar di komputer adalah cara terbaik untuk merekam apa yang ada di layar komputer Anda. Hanya saja masih banyak pengguna komputer justru belum tahu cara melakukannya.

Biasanya beberapa laptop seperti MSI sudah menyediakan tombol khusus untuk melakukan screenshot . Hanya saja bagi yang belum dilengkapi dengan tombol khusus, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

1. Windows 10

Cara termudah untuk Screenshot di Windows 10 adalah dengan menekan tombol Windows dan tombol "Cetak" atau "Print SC" secara bersamaan. Tangkapan layar disimpan di folder Tangkapan Layar di perpustakaan Gambar Anda.

Jika Anda hanya ingin menangkap sebagian layar, Anda dapat menggunakan Snipping Tool atau aplikasi Snip & Sketch.

2. Windows 8 dan Sebelumnya


Untuk Screenshot di Windows 8 dan versi sebelumnya, tekan tombol cetak. Ini menyimpan tangkapan layar ke clipboard Anda sehingga Anda dapat menempelkannya ke dalam program seperti Paint atau Word.



3. Mac OSX


Untuk Screenshot di Mac, tekan Command + Shift + 3. Ini akan menangkap seluruh layar dan menyimpan tangkapan layar ke desktop Anda. Jika Anda hanya ingin menangkap sebagian layar Anda, tekan Command + Shift + 4, lalu klik dan seret untuk memilih area yang ingin Anda tangkap.

4. Mac OS X (Mojave atau Lebih Baru)


Jika Anda menggunakan Mojave atau lebih baru, Anda dapat menggunakan alat screenshot bawaan. Tekan Command + Shift + 5 untuk meluncurkan alat dan memilih untuk menangkap seluruh layar, jendela, atau sebagian layar. Anda juga dapat memilih tempat untuk menyimpan tangkapan layar dan menyetel pengatur waktu.


5. Aplikasi Pihak Ketiga


Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk Screenshot di komputer Anda. Opsi umum termasuk Snagit, Lightshot, dan Greenshot. Aplikasi ini sering kali memiliki fitur tambahan seperti kemampuan mengomentari tangkapan layar dan merekam video.

6. Pintasan Keyboard


Jika Anda mengambil banyak tangkapan layar, ada baiknya mempelajari beberapa pintasan keyboard untuk mempercepat prosesnya. Misalnya, di Windows Anda dapat menggunakan Windows Key + Shift + S untuk mengaktifkan Snipping Tool, tetapi di Mac Anda dapat menekan Command + Shift + 4 lalu Spasi untuk menangkap jendela.

7. Edit & Bagikan


Setelah Screenshot, Anda dapat mengeditnya atau membaginya dengan orang lain. Di Windows, Anda dapat membuka tangkapan layar di Paint atau editor gambar lain untuk memotong, mengubah ukuran, atau membuat anotasi.

Di Mac, Anda dapat membuat perubahan menggunakan aplikasi Pratinjau bawaan. Bagikan tangkapan layar Anda dengan mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive, atau dengan menggunakan aplikasi perpesanan dan platform media sosial.

MG/Tazakka Artesa Hidayat
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4794 seconds (0.1#10.140)