8 Tips Jaga Keamanan Akun di Marketplace Agar Nggak Gampang Dihack

Kamis, 02 Maret 2023 - 19:31 WIB
loading...
8 Tips Jaga Keamanan Akun di Marketplace Agar Nggak Gampang Dihack
Pengguna marketplace wajib mengetahui cara agar menjaga agar akun mereka tetap aman. Foto: dok Tokopedia
A A A
JAKARTA - Tahun ini serangan siber semakin beragam. Karena itu, pemilik akun marketplace juga harus waspada. Jangan sampai lengah sehingga membuat akunnya
mudah dibobol hacker atau penjahat siber.

Apalagi, di akun marketplace biasanya tersimpan kredensial penting mulai kartu kredit, rekening bank, pembayaran digital, dan lainnya.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga agar akun kita tetap aman seperti yang direkomendasikan oleh Tokopedia:

1. Rahasiakan Kode atau PIN

Kode verifikasi atau kode one-time password (OTP) adalah informasi rahasia, jangan sampai terpancing untuk memberikannya ke pihak manapun termasuk kepada yang mengaku sebagai karyawan Tokopedia atau e-commerce tertentu.

2. Transfer dana sesuai nominal transaksi

Saat melakukan pembayaran, lakukan transfer dana hanya ke rekening resmi Tokopedia sesuai nominal total tagihan di halaman pembayaran. Jangan melakukan transfer dana dengan nominal yang berbeda atau melakukan transfer ke rekening Penjual secara langsung.

3. Rahasiakan data pribadi

Hindari memberitahukan data pribadi serta data penting, seperti bukti pembayaran, ke Penjual maupun ke pihak yang mengaku sebagai karyawan Tokopedia. Simpan bukti pembayaran sampai transaksi selesai.

4. Waspada akun penipuan

Mohon berhati-hati apabila mendapatkan pesan dari seseorang untuk mengakses suatu link tertentu. Jika situs diawali “http://” dan tidak terdapat huruf “S” maka bisa dipastikan situs tersebut tidak terjamin keamanannya. Contoh situs resmi Tokopedia selalu memakai "S" https://www.tokopedia.com.
Jika ada situs yang meminta mengisi data berupa: email, username, password atau kode verifikasi, maka bisa dipastikan bahwa situs tersebut berbahaya dan bisa mengakibatkan akun Anda dikuasai oleh orang lain.

5. Ganti password

Lakukan penggantian password akun secara berkala. Usahakan jangan menggunakan password sama dengan akun yang lain. Anda juga bisa mengatur password dengan menggunakan simbol dan minimal mencapai 8 karakter. Hindari penggunaan nama pribadi atau username.

6. Waspada informasi hoax

E-commerce seperti Tokopedia akan menyampaikan informasi tentang promo, undian, dan info lain melalui media resmi seperti website, blog, Twitter, Instagram, dan Facebook yang terverifikasi, serta email dengan domain @tokopedia.com.


7. Waspada Instal file APK

Hindari arahan untuk melakukan instal file APK mengatasnamakan Kurir, Tokopedia untuk lowongan kerja maupun promo palsu dan transaksi diluar Tokopedia. Apabila sudah mengklik file tersebut, silakan lakukan Factory Reset/Kembali ke Setelah Pabrik pada handphone.

Lalu, ubah data-data di akun Tokopedia seperti nomor handphone, email, password dan PIN untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

8. Perhatikan reputasi toko sebelum transaksi

“Kami sarankan untuk memperhatikan reputasi toko (rating & cancel rate), review, dan diskusi produk secara detail untuk menghindari akan adanya kendala transaksi yang tidak diinginkan,” tulis keterangan resmiTokopedia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9081 seconds (0.1#10.140)