Nokia Prediksi Kiamat Smartphone Fisik Akan Terjadi 7 Tahun Lagi

Kamis, 02 Maret 2023 - 06:18 WIB
loading...
Nokia Prediksi Kiamat Smartphone Fisik Akan Terjadi 7 Tahun Lagi
Nokia prediksi kiamat ponsel sudah di depan mata. FOTO/ THE VERGE
A A A
LONDON - Nokia sebut era kejayaan smartphone akan segera berakhir. Bahkan tahun ini kiamat ponsel pintar akan dimulai.



Menurut Pekka Lundmark, CEO Nokia memperkirakan smartphone akan usang di tahun 2030 mendatang dan akan hadir teknologi canggih penggantinya.

Dia menyebut salah satu alternatif pengganti HP adalah chip yang tertanam di tubuh manusia, selain itu diperkirakan juga pertumbuhan perangkat seperti AR/VR di masa depan akan lebih signifikan.

Ia hanya menjelaskan bahwa perangkat pengganti HP akan ditunjang oleh konektivitas super cepat 5G kemudian 6G, walau jaringan 5G baru mulai dirilis di beberapa negara tetapi 6G kemungkinan akan segera hadir pada 2030.

"6G masih dalam pengerjaan dan tidak ada tanda-tanda akan menggantikan 5G dalam waktu dekat," tutur Lundmark, The Verge, Rabu (1/3/2023).

Diungkapkannya, dunia digital nantinya akan setara dengan dunia fisik. Ia juga menyinggung Metaverse yang cocok dengan keberadaan 6G, sejumlah pihak memang mulai melirik jaringan 6G. Diantaranya Samsung, yang berambisi menguasai teknologi jaringan itu.

Silansir dari Ubergizmo, ini merupakan karya besar perusahaan China, sebagai pembuat smartphone hologram pertama yang diberi nama Takee 1 .

Smartphone terlihat dalam video Takee 1 ini akan memberikan pengalaman berinteraksi secara langsung dengan objek dalam bentuk hologram. Terdapat kamera di depan yang berfungsi melacak pergerakan wajah.

Dari sini, smartphone akan menggunakan data tersebut untuk bisa menghasilkan objek 3D dan selanjutnya diprint dalam bentuk tiga dimensi.

Perusahaan ini mengklaim memberikan interaksi yang atraktif. Pengguna smartphone bisa menjentikkan jarinya ke udara, (Hologram mengapung di atas ponsel) bahkan bermain game bisa dengan hanya menyentuh objek hologram.

Berbicara spesifikasinya, Takee 1 dilengkapi dengan layar berukuran 5.5 inci full HD, menggunakan prosesor octa core MediaTek MT6592T.

Handphone ini juga dilengkapi kamera utama 13MP f/2.0, 32GB penyimpanan onboard, dual speaker, serta hadir dengan case metal. Sayang, kapasitas baterai hanya 2500mAh, dan kepastian kapan akan dilempar ke pasar masih belum jelas.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3943 seconds (0.1#10.140)