7 Cara Merawat Baterai iPhone dengan Benar, Kenali dan Pahami

Jum'at, 24 Februari 2023 - 20:33 WIB
loading...
7 Cara Merawat Baterai iPhone dengan Benar, Kenali dan Pahami
Terdapat sejumlah cara merawat baterai iPhone agar tetap awet alias tahan lama. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah cara merawat baterai iPhone agar tetap awet alias tahan lama. Dengan memahaminya, Anda tidak perlu khawatir bila mengalami kerusakan.

Pada perkembangannya, iPhone menjadi salah satu produk Apple yang cukup populer dan banyak digunakan. Dengan beragam fitur dan kemudahannya, tak heran apabila ponsel ini ini cukup digemari.

Akan tetapi, di sisi lain tak jarang juga pengguna iPhone yang mengalami kendala pada perangkatnya. Sebagai contoh, salah satunya adalah pada bagian baterainya.

Baca juga : 6 Tips Hemat Baterai iPhone, Praktikkan Agar Awet!

Padahal, baterai ini merupakan salah satu komponen penting dari perangkat iPhone. Maka dari itu, akan lebih baik untuk para pengguna bisa merawat baterai tersebut dengan benar.

Dilansir dari laman resmi MakeUseOf, Jumat (24/2/2023), berikut sejumlah cara merawat baterai iPhone agar tetap awet.

1. Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak secara Berkala

Pembaruan perangkat lunak biasanya membawa sejumlah fitur baru, serta solusi untuk mengatasi bug yang mungkin timbul pada perangkat. Sayangnya, terkadang pengguna terkesan terlalu malas untuk melakukan update ini.

Demi kondisi baterai yang optimal, pengguna sangat disarankan untuk melakukan pembaruan OS secara rutin. Tak hanya berguna untuk baterai saja, update tersebut akan meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan.

2. Gunakan Pengisi Daya Resmi Apple

Saat ini, cukup banyak ditemui produsen nakal yang menjual charger iPhone dengan kualitas rendah. Meski memiliki harga yang jelas lebih murah, namun hal tersebut tidaklah bagus untuk perangkat Anda.

Selain tidak memiliki sertifikasi resmi dari Apple, bisa saja pengisi daya tersebut tidak mempunyai kompatibilitas yang sesuai dengan baterai terkait. Oleh karena itu, pengguna sangat dianjurkan untuk menggunakan produk yang bersertifikasi Apple.

3. Menghindari Perubahan Suhu yang Ekstrem

Perubahan suhu ekstrem pada iPhone juga bisa merusak kesehatan baterai. Pada suhu rendah yang ekstrem, hal tersebut bisa mempersingkat masa pakai baterai hingga membuatnya berhenti bekerja.

Sebaliknya, suhu yang terlalu panas juga tidak bagus untuk baterai iPhone. Biasanya, hal ini bisa mempengaruhi kinerja perangkat termasuk pada kondisi baterai ke depannya.

Baca juga : Begini Cara Menghemat Baterai iPhone

4. Jangan Membiarkannya Mati Terlalu Lama

Salah satu masalah besar pada baterai ponsel adalah membiarkan perangkat mati total. Hal ini harus dihindari karena sel baterai bisa saja memasuki kondisi pengosongan dan membuatnya tak bisa berfungsi lagi.

Untungnya, baterai pada iPhone memiliki cadangan daya saat perangkat dimatikan. Namun, tetap saja setelahnya Anda harus segera mengisinya demi kesehatan baterai tersebut.

5. Menutup Fitur yang Tidak Digunakan

Dalam menghindari baterai yang boros, pengguna bisa mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan dalam aktivitas. Sebagai contoh, aplikasi latar belakang, pengaturan lokasi, dan lainnya.

Tips ini menjadi salah satu yang bisa Anda coba untuk menghemat masa pakai baterai, agar nantinya bisa menghasilkan performa yang tetap optimal seiring waktu.

6. Mengisi Daya Hanya 80 Persen Saat Digunakan Intens

Saat Anda sangat intens menggunakan iPhone, usahakan untuk mengisi dayanya sebesar 80 persen saja. Adapun alasannya adalah penggunaan berlebih akan membuat perangkat panas.

Selain itu, ketika pengguna langsung mengisi dayanya akan semakin membuat perangkat panas. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mengisi daya sampai 80 persen saja.

7. Jangan Berlebihan Ketika Mengisi Daya

Terkadang, seorang pengguna melakukan pengisian daya semalam suntuk, terutama ketika dia tidur. Hal ini ternyata bisa menjadi buruk dan dapat berakibat kerusakan pada baterai.

Singkatnya, pengisian berlebih ini merusak baterai karena memaksa lebih banyak daya untuk masuk ke baterai, padahal kapasitasnya telah penuh.

Demikian ulasan mengenai cara merawat baterai iPhone dengan mudah dan praktis.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6101 seconds (0.1#10.140)