Waspada, Layanan Kencan Online di Hari Valentine Dibombardir 5 Serangan Siber Berbahaya Ini

Senin, 13 Februari 2023 - 09:43 WIB
loading...
Waspada, Layanan Kencan Online di Hari Valentine Dibombardir 5 Serangan Siber Berbahaya Ini
Penjahat siber acap memakai layanan kencan online di Hari Valentine 2023. Tampak situs palsu yang menyerupai Tinder. Foto: Kaspersky
A A A
JAKARTA - Popularitas kencan online yang terus meningkat dimanfaatkan oleh penjahat siber yang tidak bertanggung jawab. Kaspersky, misalnya, menyoroti lima ancaman kencan online yang harus diwaspadai di Hari Valentine 2023 ini.

“Kencan online memunculkan risiko kejahatan dunia maya. Tetap aman dengan menggunakan koneksi yang aman, merahasiakan informasi pribadi, serta berhati-hati terhadap permintaan yang tidak mencurigakan. Dengan bersikap proaktif, Anda dapat melindungi diri sendiri,” komentar Anna Larkina, pakar privasi dan keamanan di Kaspersky.

Nah, berikut 5 ancaman siber yang harus diwaspadai di hari Valentine 2023 :

1. Phishing di platform sumber kencan
Peneliti Kaspersky melaporkan aktivitas scamming intensif di tengah musim Valentine, dimana penipu online secara ekstensif membuat halaman web palsu yang identik dengan aplikasi kencan populer untuk mengelabui individu agar memberikan informasi sensitif mereka.

Hasil akhirnya bisa berupa pencurian identitas, penipuan keuangan, dan bahkan pemerasan. Selain itu, data yang dicuri bahkan dapat dijual di pasar dark web.

2. Aplikasi abal-abal
Cinta mungkin buta, tapi malware tidak. Perangkat lunak berbahaya ini dapat menyerang perangkat Anda melalui file yang meniru layanan kencan online.

Selama beberapa bulan terakhir, penjahat dunia maya telah mengeksploitasi nama-nama aplikasi kencan paling populer seperti Tinder, Badoo, Bumble, Grinder, dan banyak lainnya untuk menyebarkan aktivitas berbahaya.

Mereka paling sering mendistribusikan adware, yang membombardir pengguna dengan banyak notifikasi, tetapi ada juga serangan dengan Trojan Spies, yang memantau aktivitas online, dan pengunduh Trojan, yang mungkin menginstal program berbahaya lainnya ke komputer korban.

3. Doxing
Doxing mengacu pada tindakan mengungkap dan membagikan informasi pribadi seseorang secara publik. Informasi sensitif dapat digunakan untuk menyakiti atau memeras seseorang.

Dampaknya, selain bahaya fisik juga tekanan psikologis, seperti kecemasan dan rasa malu, serta berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan hubungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)