Ini 5 Perbedaan iOS dan Android, Mana Lebih Unggul?

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:53 WIB
loading...
Ini 5 Perbedaan iOS dan Android, Mana Lebih Unggul?
Terdapat sejumlah perbedaan iOs dan Android dalam perangkat smartphone yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perbedaan iOs dan Android dalam perangkat smartphone yang bisa diketahui. Masing-masing sistem tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Perdebatan untuk menentukan siapa yang lebih unggul tentu sangatlah susah, karena di smartphone Android maupun iPhone telah memiliki kelebihannya masing-masing. Sehingga yang perlu diketahui hanyalah perbedaan di antara keduanya.

Baca juga : Sejarah dan Perkembangan iOS dari Pertama hingga iOS 16

Berikut lima perbedaan antara iOS dan Android secara lengkap dan mendasar.

1. Perangkat

iOS yang merupakan sistem operasi close-source hanya digunakan untuk perangkat iPhone saja. Maka dari itu tak heran ketika perangkat yang menggunakan sistem ini sangatlah terbatas.

Android adalah sebuah sistem operasi berbasis open-source, di mana semua orang bisa mengakses dan memodifikasinya agar memiliki ciri khas tersendiri.

Oleh karena itu, meskipun memiliki banyak nama tampilan, seperti One UI dari Samsung, MIUI dari Xiaomi. Sistem operasi yang digunakan adalah sama, yakni Android.

2. Layanan

Secara umum, perangkat dengan sistem Android menggunakan Google Mobile Services (GMS) untuk mendukung pengoperasiannya. Beberapa aplikasi seperti Google Play Store, Google Maps, dan lainnya, menjadi aplikasi bawaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6060 seconds (0.1#10.140)