Siap-siap, Konten Kreator Twitter Blue Akan Terima Pembayaran

Sabtu, 04 Februari 2023 - 11:16 WIB
loading...
Siap-siap, Konten Kreator Twitter Blue Akan Terima Pembayaran
Pemilik dan CEO Twitter Elon Musk mengumumkan bahwa Twitter akan berbagi pendapatan iklan dengan konten kreator. Foto/searchenginejournal
A A A
SAN FRANSISCO - Pemilik dan CEO Twitter Elon Musk mengumumkan bahwa Twitter akan berbagi pendapatan iklan dengan konten kreator. Kebijakan baru hanya berlaku untuk iklan yang muncul di rangkaian balasan konten kreator Twitter Blue Verified.

“Mulai hari ini, Twitter akan berbagi pendapatan iklan dengan kreator untuk iklan yang muncul di utas balasan mereka,” kata Elon Musk melalui akun Twitternya yang dikutip SINDOnews dari laman BGR, Sabtu (4/2/2023).

Tidak seperti platform sosial lainnya, kreator di Twitter harus memiliki akun langganan aktif ke Twitter Blue dan memenuhi persyaratan kelayakan untuk tanda centang Blue Verified. Untuk menerima bagi hasil iklan, konten kreator harus membayar USD8 per bulan sekitar Rp120.000 untuk tetap berlangganan Twitter Blue.



Musk secara khusus mengatakan bahwa "agar memenuhi syarat, akun tersebut harus menjadi pelanggan Twitter Blue Verified." Laman searchenginejournal secara detail menjelaskan syarat lain, yaitu akun Anda harus memiliki tampilan nama, foto profil, dan nomor telepon yang dikonfirmasi.

Perubahan terkini pada nama pengguna, nama tampilan, atau foto profil akun Anda dapat memengaruhi kelayakan untuk menerima pendapatan dari iklan. “Akun Anda harus lebih dari 90 hari dan aktif dalam 30 hari terakhir,” tulis laman searchenginejournal.

Modifikasi setelah verifikasi juga dapat mengakibatkan hilangnya sementara tanda centang biru hingga Twitter meninjau informasi terbaru Anda. Sejumlah persyaratan lain, di antaranya akun Anda tidak boleh menyesatkan atau menipu.

Meskipun ini adalah kabar baik bagi pembuat konten di Twitter, namun belum jelas berapa banyak uang yang dapat diterima pembuat konten. Pertama, Musk belum menjelaskan pemotongan seperti apa yang ingin dibagikan perusahaan dengan pembuat konten atas pendapatan iklan.



Apalagi masih belum jelas berapa banyak pendapatan iklan yang masuk ke Twitter saat ini. Baru-baru ini, perusahaan menawarkan iklan gratis hingga USD250.000 kepada beberapa mitra periklanan.
Siap-siap, Konten Kreator Twitter Blue Akan Terima Pembayaran


Data terbaru dari DataReportal menunjukkan tren positif bagi pengiklan Twitter. Jangkauan iklan meningkat dari 436,4 juta pengguna pada Januari 2022 menjadi 556 juta pada Januari 2023.

Menurut data SimilarWeb hingga Desember 2022, Twitter juga merupakan jejaring sosial terpopuler ketiga berdasarkan pengunjung unik bulanan dan tampilan halaman secara global.

Selain bagi hasil iklan untuk kreator Twitter Blue Verified, Twitter Dev mengumumkan bahwa API Twitter tidak lagi gratis. Ini merupakan upaya berkelanjutan untuk mengurangi jumlah bot di platform.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3109 seconds (0.1#10.140)