Enggan PHK Karyawan, Intel Pilih Potong Gaji CEO dan Level Manajer ke Atas

Rabu, 01 Februari 2023 - 21:39 WIB
loading...
Enggan PHK Karyawan, Intel Pilih Potong Gaji CEO dan Level Manajer ke Atas
Chief Executive Officer Pat Gelsinger memangkas gajinya hingga 25 persen demi penghematan perusahaan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tidak seperti raksasa teknologi lainnya yang melakukan PHK besar-besaran, Intel sejauh ini masih terlihat baik-baik saja. Meski demikian, mereka juga melakukan upaya “ngirit”. Bagaimana caranya agar biaya operasional dipangkas, dan pendapatan perusahaan ditingkatkan.

Alih-alih memecat karyawan, Intel justru memangkas gaji eksekutifnya. Gaji pokok Chief Executive Officer Pat Gelsinger , misalnya, dipotong 25%.

Gaji C-level lainnya juga dipangkas sebesar 15 persen.

Lalu, Senior Manager mendapaat potongan 10 persen. Sedangkan Manager mid-level potongannya 5 persen.

Saham Intel sendiri boncos, turun hampir 50 persen dibandingkan tahun lalu.

”Sambil mempersiapkan diri untuk menghadapi hambatan ekonomi makro dan mengurangi biaya di seluruh perusahaan, kami telah membuat beberapa penyesuaian pada program kompensasi dan penghargaan karyawan 2023 kami,” tulis Intel dalam sebuah pernyataan.

“Perubahan ini dirancang untuk berdampak pada eksekutif kami secara lebih signifikan dan akan membantu mendukung investasi dan keseluruhan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mempercepat transformasi dan mencapai strategi jangka panjang,”.

Intel sendiri tidak menampik bahwa mereka sedang goyah. Kompetisi yang semakin sengit serta menurunnya permintaan terhadap PC membuat cadangan kas Intel terus terkuras.

Di saat bersamaan, CEO Pat Gelsinger juga harus berinvestasi pada divisi-divisi baru yang diharapkan bisa membuat Intel tetap bertahan di masa depan.

Selama 2 tahun terakhir Gelsinger telah melakukan banyak perubahan drastis untuk memulihkan posisi Intel di industri chip dengan pangsa pasar USD580 miliar itu.


Dibawah nahkoda Gelsinger Intel tengah membangun pabrik chip baru di Eropa dan Amerika supaya mereka bisa bersaing dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co dan Samsung Electronics Co, dua raksasa teknologi yang berpengaruh di industri chip dunia.

Ternyata, selain Gelsinger, CEO Apple Tim Cook juga sudah memangkas gajinya lebih dari 40 persen ke USD49 juta selama 2023.

Begitu pun CEO Goldman Sachs Group Inc David Solomon yang mengurangi gajinya hingga 30 persenkeUSD25juta.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3313 seconds (0.1#10.140)