Gawat, iPhone Lawas Rentan Kena Retas Hacker

Minggu, 29 Januari 2023 - 07:00 WIB
loading...
Gawat, iPhone Lawas Rentan Kena Retas Hacker
Pengguna iPhone lawas seperti iPhone 5, iPhone, hingga iPhone 6S perlu mewaspadai upaya peretasan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Pengguna iPhone lawas perlu berhati-hati dengan perangkat mereka. Pasalnya ponsel jadul buatan Apple itu sangat rentan kena retas hacker .

Peringatan itu dikeluarkan oleh The Indian Computer Emergency Response Team (CERT-In) baru-baru ini. Mereka mengatakan pengguna iPhone dan iPad lawas seperti iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad Mini 2, iPad Mini 3, dan iPod Touch generasi keenam perlu mewaspadai keamanan perangkat mereka.

HT Tech menyebutkan kerentanan itu terjadi justru karena kebijakan yang dijalankan oleh Apple. Sejatinya setiap produk buatan Apple diberikan sistem proteksi yang baik saat dirilis untuk pertama kali.

Belum lagi setiap tahun, Apple selalu meningkatkan kemampuan proteksi tersebut melalui iOS terbaru. Hanya saja setelah tidak kompatibel lagi dengan iOS yang terbaru maka perangkat tersebut akan tertinggal.



Gawat, iPhone Lawas Rentan Kena Retas Hacker


Celah itulah yang membuat beberapa perangkat lama Apple menurut CERT-In sangat rentan keamanannya. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, dapat memungkinkan peretas mengeksekusi kode arbitrer pada perangkat yang ditargetkan.

CERT mengatakan bahwa kerentanan ini dieksploitasi secara aktif pada perangkat yang menjalankan versi iOS yang lebih lama dari iOS 15. Jadi memang pengguna iPhone, iPad, dan iPod lawas harus lebih waspada.

CERT-In meminta agar pengguna iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini 2, iPad Mini 3, dan iPod Touch 6 melakukan pengamanan mandiri. Hal itu dilakukan dengan melakukan beberapa pengaturan di perangkat yang mereka miliki.

Caranya dengan membuka Pengaturan dan membuka tab Umum. Setelahnya ketuk Pembaruan Perangkat Lunak yang memang lebih tinggi dari yang ada sebelumnya.



Setelahnya tunggu notifikasi muncul. Masukkan kode sandi Anda untuk mengunduh pembaruan dan kemudian mengunduh.

Selain itu, cara yang paling baik adalah mengganti iPhone jadul dengan yang lebih baru. Setidaknya lebih tinggi dibanding yang saat ini digunakan.

"Perangkat yang lebih baru memberikan proteksi yang lebih aman," tulis HT Tech.

Contohnya bagi mereka yang nyaman dengan iPhone 6 bisa menggantinya dengan iPhone SE 3rd Gen. Ponsel tersebut menawarkan desain yang sama dengan chipset yang lebih baik. Selain itu iPhone SE 3rd Gen juga sudah didukung oleh jaringan 5G, dan masa pakai baterai yang lebih baik. "Tentu saja Apple juga menjual perangkat yang lebih modern seperti iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 14 Pro," terang HT Tech.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3395 seconds (0.1#10.140)