Meta Tutup Layanan Instant Articles di Facebook Mulai 2023

Selasa, 18 Oktober 2022 - 19:58 WIB
Layanan Instant Articles di Facebook pertama dirilis 2015 dan akan ditutup pada 2023. Foto: Reuters
JAKARTA - Meta akhirnya menutup layanan Instant Articles setelah tujuh tahun beroperasi. Langkah ini semakin menandai fokus layanan Meta ke video dibandingkan pemberitaan (hard news).

Seorang juru bicara Meta mengkonfirmasi langkah tersebut dalam email ke Gizmodo, mengatakan bahwa mereka sudah memberitahu para penerbit akan menghentikan layanan Instant Articles pada pertengahan April 2023.

Artinya, penerbit ataupun perusahaan media punya waktu sekitar 6 bulan untuk mencari strategi baru dalam memanfaatkan Facebook untuk membantu mendorong trafik ke situs mereka.

Trafik yang yang seharusnya tetap berada di Facebook sebagai bagian dari Instant Articles nantinya akan masuk ke halaman web masing-masing penerbit.

Apa Sebenarnya Instant Articles?



Instant Articles sebenarnya merupakan dokumen HTML asli Facebook yang dirancang agar bisa lebih cepat terbuka di perangkat seluler.

Ketika pertama diluncurkan, Facebook mengklaim bahwa Instant Articles bisa membuat dan menampilkan konten 4x lebih cepat dibandingkan web seluler standar. Tentu saja, hal ini menjadi hal yang sangat menarik bagi para penerbit berita pada 2015. Apalagi, saat itu Facebook menjadi salah satu platform terbaik untuk membaca berita.

Facebook mengklaim Instant Articles sebagai fitur yang memberikan keuntungan besar bagi para penerbit/perusahaan media untuk mendapatkan akses terhadap audiens yang lebih besar tanpa harus membuka halaman web yang lambat.

Tapi, sebagai gantinya, penerbit media perlu menempatkan konten mereka di server Facebook dan memposting langsung ke situs mereka. Dampaknya, Facebook diuntungkan dengan kedatangan skala konten yang begitu besar serta user engagement yang tinggi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More