Terapkan 7 Kebiasaan ini untuk Proteksi Penggunaan Gadget pada Anak

Senin, 31 Januari 2022 - 12:30 WIB
Hal ini yang harus dilakukan untuk kontrol anak bermain HP. FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Di era digital seperti saat ini, anak-anak memang tak dapat sepenuhnya dijauhkan dari perangkat gadget atau internet.

Setiap keputusan soal penggunaan gadget memang dikembalikan kepada masing-masing orang tua. Namun ada pentingnya mencatat hal-hal ini untuk anak di era digital agar tak terus-menerus dibombardir oleh arus informasi.



Berikut Kaspersky dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/1) membagikan tujuh kebiasaan yang akan membantu anak beradaptasi dengan gadget dan internet.

1. Jadwalkan waktu tanpa perangkat



Ketika anak-anak menghabiskan banyak waktu menggunakan teknologi, mereka dapat memiliki rasa kecanduan. Menurut peneliti dari American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, kecanduan ini dapat menyebabkan masalah tidur, perubahan suasana hati, penambahan berat badan, citra diri

yang buruk, dan masalah citra tubuh.

Para ahli menyarankan untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia online dengan secara bertahap meningkatkan waktu layar mereka dan menghapus batasan.

Beberapa tips ini berlaku untuk anak-anak dari segala usia, yang paling sederhana dan paling efektif termasuk tidak menggunakan perangkat yang dekat dengan waktu tidur dan matikan perangkat saat malam.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More