Protes Isu Palestina Disensor Facebook, Aktivitis Pro Palestina Dorong Beri Ulasan Bintang 1

Senin, 24 Mei 2021 - 13:05 WIB
Targetnya adalah untuk menurunkan peringkat ulasan aplikasi Facebook menjadi bintang 1. Foto: AFP
JAKARTA - Aktivis pro-Palestina melakukan aksi protes pada aplikasi Facebook terkait dugaan penyensoran akun dan postingan terkait dengan isu Palestina.

Mereka menjalankan kampanye terkoordinasi untuk menurunkan peringkat ulasan aplikasi Facebook menjadi bintang 1.



Aksi tersebut menginstruksikan orang-orang untuk meninggalkan aplikasi Facebook dan mengajak orang-orang memberikan ulasan bintang 1 untuk aplikasi Facebook di toko aplikasi Apple dan Google.

Dilasirdari The Verge, Senin (24/5), pihak Facebook dilaporkan langsung merespon kondisi ini sangat serius dan menjadi prioritas tingkat tinggi saat ini berdasarkan bocoran laporan internal Facebook.



Raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg ini disebut berusaha menghubungi Apple maupun Google untuk memperbaiki kondisi tersebut seperti menghapus review atau ulasan negatif yang diberikan pada rating bintang satu, namun pihak Apple dikabarkan menolaknya sementara Google masih belum memberikan jawaban.

Kampanye tersebut rupanya berhasil, terlihat dari peringkat aplikasi Facebook versi iOS di App Store, Minggu (23/5) sore waktu setempat terlihat mendapat 2,3 bintang dari 5.

Di Google Play Store situasinya serupa, aplikasi Android Facebook memiliki peringkat 2,4 dengan mayoritas ulasan 1 bintang.

Merespons hal ini, juru bicara Facebook Andy Stone dalam pernyataannya kepada NBC News, mengelak tudingan bahwa mereka melakukan penyensoran. Stone menyebutkan, kebijakan mereka dirancang untuk memberikan suara kepada semua orang sekaligus menjaganya tetap aman.



Namun, perlu diperhatikan bahwa kampanye semacam ini memiliki pengaruh besar. Tidak mengherankan jika lebih banyak kampanye seperti ini muncul di masa depan, meskipun pada akhirnya tidak mengubah atau mempengaruhi tindakan perusahaan.
(dan)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More