Facebook Hapus Ratusan Akun Palsu Anti Iran

Kamis, 08 April 2021 - 10:10 WIB
Ilustrasi Facebook. FOTO/ Ist
MENLO PARK - Facebook baru-baru ini menyatakan bahwa pihaknya telah menghapus ratusan akun palsu yang terkait dengan kelompok militan anti Iran dan peternakan troll di Albania.

Akun tersebut memposting konten yang mengkritik pemerintah Iran dan mendukung Mujahidin-e-Khalq, kelompok pembangkang yang dikenal sebagai MEK.

Dalam banyak kasus ditemukan akun Facebook dan Instagram menggunakan nama dan foto profil palsu.

Facebook menetapkan bahwa akun-akun tersebut dijalankan dari satu lokasi di Albania oleh sekelompok individu yang bekerja atas nama MEK.





Facebook menemukan petunjuk lain yang menunjukkan apa yang disebut peternakan troll, di mana para pekerjanya sering dibayar untuk memposting konten, termasuk informasi yang salah ke media sosial.

Facebook mengatakan menghapus akun semacam itu berdasarkan perilaku mereka, bukan materi yang mereka posting.

Pertama, para peneliti menemukan bahwa aktivitas tersebut tampaknya mengikuti hari kerja Eropa tengah, dengan posting yang diambil setelah jam 9 pagi, lalu mulai melambat di penghujung hari, dan dengan jeda yang nyata pada waktu makan siang. Meski demikian Facebook mengatakan tidak menemukan bukti orang dibayar.

"Bahkan troll perlu makan," kata Facebook Global Threat Intelligence Investigations, Ben Nimmo, dalam panggilan konferensinya dengan media dilansir dari ABC News, Kamis (8/4/2021).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More