Kesal Lagi WFH Kerja Notebook Lambat? Ini Cara Mengatasi Laptop Lemot

Minggu, 31 Januari 2021 - 19:00 WIB
Menaruh banyak aplikasi di bagian desktop juga merupakan salah satu penyebab perangkat lemot dalam merespons perintah pengguna. Foto/ist
JAKARTA - Di masa wabah virus Corona , laptop atau notebook sudah menjadi teman sehari-hari dalam aktivitas ngantor dan lainnya. Karena itu, kalau tiba-tiba laptop lemot akan sangat menyulitkan kita menuntaskan pekerjaan sesuai deadline .

Tapi jangan panik! Bila laptop sudah terlanjur lemot, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Dilansir dari berbaga sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa kalian coba guna menuntaskan persoalan laptop lemot:

1. Copot alias Uninstall Aplikasi

Kalau di laptop Anda banyak aplikasi, cobalah untuk mengurangi perangkat lunak yang dianggap tidak diperlukan. Sebab kebanyakan aplikasi pada perangkat bisa membuat kapasitas penyimpanan di Drive C penuh dan imbasnya membuat sistem menjadi lama saat membaca harddisk.



Segerakan menyensor aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai. Setelah itu, Anda bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengurangi lemot. Kalian cukup menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, karena aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerja laptop menurun.

2. Cek Spesifikasi Laptop

Sedari sekarang, ketahuilah tentang spesifikasi laptop kalian. Hal ini bisa berguna ketika akan memasangkan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi prosesor dan RAM yang dimiliki laptop.

Jika terlalu memaksakan mengunduh, meski perangkat tidak mampu menampung, maka bersiaplah saja laptop jadi melambat alias lemot.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More