Mengungkap Konsep Perangkat Oppo di Masa Depan

Senin, 21 Desember 2020 - 01:30 WIB
Tampak desain dari ponsel layar lipat dari Oppo. Tahun depan pabrikan sudah menyiapkan beragam model smartphone hingga TWS untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Foto/Ist
JAKARTA - Oppo belum lama ini menghadirkan sejumlah desain konseptual baru yang didasari filosofi desain human-centric dalam ajang China International Industrial Design Expo (CIIDE) Ke-4 di Shenzhen, China . Desain konseptual ini dirancang khusus untuk Oppo oleh nendo, sebuah studio desain terkemuka asal Jepang yang didirikan oleh Oki Sato. (Baca juga: Oppo Indonesia Luncurkan Reno5 dengan Warna Belakang Berubah-ubah )

Oppo berkolaborasi dengan nendo dalam rangka mengeksplorasi berbagai rancangan perangkat di masa depan. Selama pameran, pabrikan juga menunjukkan serangkaian desain produk klasiknya yang mencerminkan wawasan dan upaya Oppo dalam mengeksplorasi bentuk, materi, dan interaksi yang telah dilakukan perusahaan sejak pertama kali didirikan.

The China International Industrial Design Expo merupakan sebuah acara tingkat nasional yang berfokus pada desain industri di China. Dengan tema tahun ini "Desain Baru, Tren Baru, Momentum Baru", Oppo menghadirkan gaya yang retrospektif dengan menampilkan desain produk klasik terbaiknya yang telah diciptakan oleh perusahaan semasa hidupnya.



Pada 2008, Oppo meluncurkan smartphone pertamanya bernama "Smiley Face" A103 yang menandai awal dari terciptanya keseimbangan antara estetika dan inovasi sempurna. Inovasi ini telah terbukti banyak selama 12 tahun terakhir. Pada 2012, merek meluncurkan salah satu ponsel tertipis di dunia bernama Finder yang dirancang sedemikian rupa agar lebih mudah dan nyaman saat digenggam.



Berlanjut di tahun 2014, pabrikan memperkenalkan seri Find 5 yang memiliki desain lengkung 2.5D. Dua tahun berlanjut, Oppo merilis seri R9 yang terinspirasi dari pegunungan salju yang dilengkapi tampilan lebih cantik dan body smartphone yang mudah digenggam. Tahun lalu, merek meluncurkan ponsel 5G tertipis di dunia yang bernama Reno3.

Terobosan Oppo dalam hal desain juga meluas hingga teknologi kameranya yang mutakhir. Pada 2014, mereka melepas N3, sebuah smartphone yang dilengkapi kamera putar bermotor pertama di dunia. Tahun 2018, perusahaan meluncurkan Find X, sebuah smartphone yang memiliki tampilan layar penuh dan menggunakan desain unik di mana pengguna dapat menggeser kamera keluar dari badan smartphone saat mengaktifkannya.

Inovasi ini mengintegrasikan 11 komponen, termasuk kamera dan sensor depan dan belakang, dan menghasilkan rasio screen-to-body hingga 93,8%. Tahun 2019, Oppo semakin membuat terobosan baru dengan meluncurkan Reno 10x Zoom dan struktur pivot uniknya yang meninggi. Terobosan itu kini telah menjadi inspirasi bagi desain baru dalam industri smartphone.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More