VIMANAMAIL Deteksi Metamorfosis Spam yang Semakin Menakutkan

Jum'at, 13 November 2020 - 11:25 WIB
Ilustrasi kode Soam yang berevolusi. FOTO/ Ist
JAKARTA - Narasi kejahatan siber global selalu sama, mengeksploitasi kelemahan mendasar pada layanan email dengan merekayasa email sehingga terbaca sempurna seolah benar seperti layaknya dikirim oleh pengirim sesungguhnya. Siapa saja bisa tertipu karena begitu canggihnya (Baca juga: Harga Kuda Balap Galileo Kalahkan Mahar Transfer Messi & Ronaldo )

kejahatan email generasi terbaru ini.

Banyak yang berpendapat bahwa kejahatan email adalah masalah non-teknis dan untuk menghadapinya dibutuhkan pelatihan dan edukasi. Pendapat

tersebut tentu saja tidak salah, tetapi bukan berarti tidak ada teknologi untuk mengatasi bahaya email, terutama serangan email yang disempurnakan. (Baca juga: Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei )

VIMANAMAIL misalnya mampu mengenali ciri-ciri email berpotensi membawa masalah. VIMANAMAIL menganalisis email untuk mengetahui statusnya berbahaya atau tidak, jika menganggap email yang diperiksa bersih, mereka mengirimnya ke server internal untuk diterima pengguna. Jika menyakini email sebagai spam atau mengandung ancaman, email langsung dikarantina.



Mengenal email yang disempurnakan Data-data yang diperoleh dari pusat data VIMANAMAIL menunjukkan metamorfosis dari email-email berbahaya yang berusaha menyusup masuk.

Berikut adalah beberapa contoh perubahan yang disempurnakan oleh para penjahat siber dalam email yang membuat pengguna tidak merasa curiga sedikit pun.

1. Kelemahan email yang paling mencolok, bahwa siapa pun dapat mengirim email seperti orang lain. Kurangnya model identitas pengirim yang kuat

telah menciptakan epidemi spoofing yang tidak ada pada aplikasi perpesanan lain yang memiliki kontrol identitas pengirim yang kuat. Dalam
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More