Waspada Phising Dana Bantuan Korban Pandemi COVID-19

Minggu, 04 Oktober 2020 - 11:44 WIB
Ilustrasi Facebook. FOTO/ IST
MENLO PARK - Awal tahun ini, sebagai cara untuk membantu bisnis yang terdampak pandemi COVID-19, Facebook mengumumkan bantuan sebesar USD 100 juta untuk bisnis kecil..(Baca juga: Studi 35 Tahun: Kekebalan Manusia Terhadap Virus Corona hanya Sebentar )

Namun analis Kaspersky menunjukan bahwa saat berita tersebut mulai naik ke media, ada oknum tidak bertanggung jawab yang mulai mengeksploitasi dan menjadikannya sebagai umpan penipuan.(Baca juga: Bupati Semarang Dipecat, Gerbong PDIP Bulat Dukung Ngebas )

Triknya sederhana, para penipu menyajikan berita seolah-olah Facebook membagikan uang kepada semua pengguna jejaring sosial yang terkena COVID-19.

Sampel yang terdeteksi oleh Kaspersky menunjukkan, calon korban melihat artikel - yang tampaknya berasal dari media terkemuka - dan mengklaim bahwa Facebook memberikan bantuan kepada para pengguna yang terkena dampak COVID-19, lengkap dengan tautan untuk pengajuan.

Meskipun, tentu saja, ini tidak akan memberikan bantuan yang dimaksud. Informasi yang dikumpulkan memungkinkan para penipu mendapatkan akses akun Facebook korban mereka dan menggunakannya dengan berbagai cara untuk tujuan berbahaya.



Misalnya untuk mengelabui rekan dan teman-teman dan

menanyakan sejumlah uang kepada mereka dan bahkan untuk mencuri identitas korbannya.

Setelah para calon korban mengklik tautan berita, mereka akan dibawa ke portal lain yang juga terkait

dengan “amal”.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More