Elon Musk Pamer Video Streaming di Qatar Airwas Gunakan Koneksi Starlink

Kamis, 24 Oktober 2024 - 08:46 WIB
Langkah ini juga menunjukkan tren meningkatnya permintaan untuk konektivitas internet yang andal dan cepat di dalam pesawat. Foto: ist
JAKARTA - Elon Musk tahu benar cara untuk menarik perhatian publik. Terbaru, ia melakukan video call lewat koneksi wi-fi dari atas pesawat Qatar Airways.

Qatar Airways sendiri menjadi maskapai pertama di Timur Tengah dan Afrika Utara yang menawarkan Wi-Fi berkecepatan tinggi kepada penumpangnya, berkat kerjasama dengan Starlink milik Elon Musk.

Pada Selasa kemarin, Qatar Airways meluncurkan penerbangan perdana Boeing 777 yang dilengkapi internet Starlink. Ini menandai era baru konektivitas dalam penerbangan di seluruh armadanya yang ditargetkan rampung tahun depan.



Demo Langsung di Ketinggian 35.000 Kaki

Untuk menunjukkan pencapaian ini, CEO Qatar Airways, Badr Al Meer, melakukan panggilan video dengan pendiri Starlink, Elon Musk, saat terbang di ketinggian 35.000 kaki dari Doha ke London.

“Kita benar-benar sedang berbicara melalui Starlink saat ini - ini sangat keren," kata Musk dalam panggilan video dari rumahnya, yang direkam dan dirilis oleh maskapai Qatar. "Ini adalah Starlink yang melintasi jaringan laser satelit hingga ke pesawat Anda."

Tantangan bagi Maskapai Pesaing

Langkah Qatar Airways untuk memperkenalkan internet berkecepatan tinggi gratis di seluruh armadanya memberikan standar baru di dunia penerbangan. Sebab, biasanya maskapai asing menawarkan layanan berbayar dengan kecepatan lebih rendah dan seringkali tidak stabil. Atau, Wi-Fi yang dibatasi statusnya.

"Ini akan menjadi lebih baik. Kami meluncurkan satelit baru dan terus meningkatkan perangkat lunak. Seiring waktu, saya pikir Anda akan merasa ini menjadi semakin baik," kata Musk sebelum Al Meer mengajaknya tur video kokpit.

"Anggap ini sebagai minimum. Ini hanya akan menjadi lebih baik dari sini," kata Musk kepada Ketua Pariwisata Qatar, Saad bin Ali Al-Kharji, yang duduk di sebelah Badr Al Meer di dalam pesawat.

Target Implementasi di Seluruh Armada

Maskapai penerbangan Qatar berencana untuk meluncurkan 12 Boeing 777-300 yang dilengkapi layanan ini pada akhir 2024 dengan cakupan untuk seluruh armada Boeing 777 pada 2025 dan armada Airbus A350 menyusul pada musim panas 2025.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More