Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus Masuk Meteran

Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:34 WIB
Token listrik gagal terus masuk meteran tentu menjadi hal yang menyebalkan. Foto: PLN
JAKARTA - Cara mengatasi token listrik gagal terus masuk meteran menarik dipahami. Sebab, memang menyebalkan ketika meteran listrik sudah berbunyi tapi tidak bisa diisi.

Nah, seperti apa solusinya?

1. Periksa Kembali Token Listrik

Kesalahan Input: Pastikan memasukkan 20 digit token listrik dengan benar dan sesuai urutan. Salah satu digit saja bisa membuat token gagal masuk.

Token Kadaluarsa: Token listrik prabayar memiliki masa berlaku. Cek kembali apakah token yang kamu beli sudah kadaluarsa atau belum.



2. Cek ID Pelanggan/Meteran

ID Pelanggan Salah: Pastikan ID Pelanggan atau nomor meteran yang tertera di struk pembelian token sama dengan ID Pelanggan di meteran listrik Anda.

3. Coba Reset Meteran Listrik

Tekan 00 lalu Enter: Beberapa meteran listrik bisa di-reset dengan menekan angka "00" lalu "Enter". Tunggu beberapa saat sampai meteran selesai memproses, lalu coba masukkan token lagi.

4. Perhatikan Kondisi Meteran Listrik

Meteran Error: Perhatikan apakah ada kode error di meteran listrik. Jika ada, catat kode error tersebut dan hubungi Contact Center PLN 123 untuk mendapatkan bantuan.

Meteran Rusak: Jika meteran listrik rusak atau tidak berfungsi dengan baik, segera hubungi PLN untuk perbaikan.



5. Hubungi Contact Center PLN 123

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tapi token masih gagal masuk, segera hubungi Contact Center PLN 123. Sampaikan ID Pelanggan, nomor meteran, dan kode error (jika ada) agar petugas PLN bisa membantu mengatasi masalahnya.

Untuk menghindari kesalahan, ada baiknya untuk membeli token listrik di tempat resmi seperti kantor PLN, minimarket, ATM, atau aplikasi resmi PLN Mobile untuk menghindari token palsu atau error.

Simpan juga struk pembelian token sebagai bukti transaksi jika terjadimasalah.
(dan)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More