3 Cara Praktis Mematikan Alarm Token Listrik 

Rabu, 28 Februari 2024 - 18:25 WIB
loading...
3 Cara Praktis Mematikan Alarm Token Listrik 
Ternyata ada cara mudah mematikan alarm token listrik agar tidak bunyi terus. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Pemakaian token listrik bisa memudahkan pengisian daya listrik tapi terkadang juga membuat kerepotan saat alarm token berbunyi menandakan kuota listrik akan habis.

Ternyata ada cara mudah mematikan alarm token listrik agar tidak bunyi terus. Namun ketika ada masalah teknis pada alat meter prabayar (MPB), jumlah token masih mencukupi tapi terdengar bunyi alarm, disarankan lapor ke kantor PLN terdekat atau menghubungi Call Center PLN dengan nomor 123. Cukup dengan menjelaskan kronologi masalah lalu pihak PLN akan memberikan solusi penyelesaiannya.

Ketika bunyi alarm akibat saldo token segera habis, berikut tiga cara mematikan alarm token listrik agar tidak bunyi terus.

1. Ketik angka 812


Salah satu cara paling umum dengan memasukkan angka 812 pada layar meteran. Tinggal menekan angka 812 dan tekan tombol "enter".

Namun, perlu diingat bahwa hasilnya bisa berbeda tergantung pada merek meteran. Misalnya, untuk meteran merk Itron, cara ini hanya akan menghentikan bunyi alarm selama 10 menit. Sedangkan untuk meteran merk Hexing, bunyi alarm bisa dihentikan selama 20 menit hingga maksimal satu jam. Jadi, pastikan memahami merek meteran sebelum mencoba cara ini.


2. Ketik angka 456


Pengguna bisa mematikan alarm token listrik dengan mudah menggunakan kode 456, diikuti dengan angka minimal kuota listrik yang diinginkan. Misalnya, ingin mengubah batas minimal listrik dari 20 kWh menjadi 10 kWh, cukup tekan nomor apapun, lalu masukkan kode 456 diikuti oleh angka batas daya yang diinginkan.

Jika ingin mengatur batas minimal menjadi 10 kWh, kode yang dimasukkan 45610. Maka, alarm token listrik akan berbunyi ketika daya mencapai batas minimal tersebut. Terakhir, cukup tekan tombol enter, dan alarm akan berhenti berbunyi.


3. Mengisi ulang token


Selanjutnya cara yang paling efektif untuk menghentikan alarm token listrik tentubdengan melakukan isi ulang saldo di gerai ataupun aplikasi e-commerce. Pengguna bisa melakukan isi ulang dengan minimal pembelian sebesar Rp 20 ribu.

Itulah cara untuk mematikan alarm token listrik agar tidak bunyi terus, semoga bermanfaat!

MG/Rihhadatul Aisy
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3452 seconds (0.1#10.140)