Tips Praktis Memilih Headphone Berteknologi ANC, Pilih Jenis Ini

Kamis, 10 Oktober 2024 - 07:00 WIB
Di dunia yang bising, ANC menjadi fitur yang paling dicari dalam headphone. Foto/Essanews
JAKARTA - Headphone berteknologi active noise cancellation (ANC) menawarkan keunggulan untuk menikmati musik tanpa gangguan.

Di dunia yang sering kali bising saat ini, ANC menjadi salah satu fitur yang paling dicari dalam headphone. Baik saat menggunakan headphone di transportasi umum yang ramai, selama penerbangan, atau di kantor, ANC memungkinkan untuk memblokir kebisingan dan fokus pada musik, podcast, atau percakapan.

Essanews melansir, Kamis (10/10/2024) ANC menjadi teknologi yang digunakan dalam headphone untuk memblokir suara lingkungan secara efektif. Teknologi ini bekerja dengan memancarkan suara yang memiliki frekuensi berlawanan dengan kebisingan eksternal, sehingga secara efektif menghilangkannya.



Mikrofon yang dipasang di luar dan di dalam headphone menangkap suara sekitar, sementara sirkuit elektronik menghasilkan gelombang dengan fase yang berlawanan untuk menghilangkan suara yang tidak diinginkan. Teknologi ini sangat berguna di lingkungan bising seperti pesawat, kereta api, atau kantor yang ramai, memungkinkan pengguna fokus pada musik atau percakapan.



Headphone dengan ANC juga memiliki mode transparansi yang memungkinkan akses cepat ke suara sekitar. Mode ini berguna saat pengguna ingin mendengar apa yang terjadi di sekitar tanpa harus melepas headphone, seperti saat menyeberang jalan atau mendengarkan pengumuman di bandara.

Headphone dengan ANC tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengguna, tetapi juga dapat berdampak pada kesehatan pendengaran. Fungsinya mengurangi kebisingan di sekitar, pengguna dapat mendengarkan musik pada volume yang lebih rendah.

Dalam waktu jangka panjang, ANC dapat mengurangi risiko kerusakan pendengaran. Di tempat-tempat bising seperti transportasi umum atau kantor yang ramai, pengguna cenderung menaikkan volume untuk mengatasi kebisingan eksternal—teknologi ANC menghilangkan kebutuhan ini.

Namun, beberapa orang yang sensitif terhadap perubahan tekanan suara mungkin merasa tidak nyaman saat menggunakan headphone dengan ANC, terutama model over-ear atau in-ear. Oleh karena itu, disarankan memilih perangkat yang memungkinkan pengaturan intensitas ANC agar pengguna dapat menyesuaikan tingkat pengurangan kebisingan sesuai dengan preferensi pengguna.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More