Headphone untuk Mengatasi Depresi Diperkenalkan, Ini Kecanggihannya

Selasa, 09 Januari 2024 - 17:18 WIB
loading...
Headphone untuk Mengatasi Depresi Diperkenalkan, Ini Kecanggihannya
Headphone Canggih untuk menghilangkan depresi diperkenalkan. FOTO/ AFP
A A A
LONDON - Para ilmuwan di London telah memperkenalkan perangkat headphone jenis baru yang menggunakan arus listrik untuk membantu orang mengobati depresi sendiri di rumah.



Pendekatan ini, yang dikenal sebagai stimulasi arus searah transkranial (tDCS), terbukti efektif bila digunakan selama sekitar 30 menit beberapa kali seminggu, lapor majalah New Scientist.

Ilmuwan Universitas East London Cynthia Fu mengatakan bahwa terapi tersebut sebelumnya hanya dilakukan di klinik atau laboratorium di bawah pengawasan medis, namun penelitian menunjukkan bahwa penggunaan headset tDCS di rumah juga dapat mengurangi gejala depresi.

Temuan ini dipublikasikan setelah Fu dan rekan ilmuwannya menguji satu set headphone yang diproduksi oleh perusahaan Swedia Flow Neuroscience pada 174 pasien depresi.

“Depresi biasanya diobati dengan terapi bicara atau pengobatan, namun metode ini tidak berhasil untuk semua orang. Oleh karena itu, stimulasi listrik otak seperti tDCS sedang dieksplorasi sebagai pengobatan potensial.

“Perangkat headphone yang memiliki dua elektroda spons akan dipasang di dahi dan arus cahaya mengalir dari kiri ke kanan. Hal ini membantu mengaktifkan sel-sel otak di sisi kiri, terutama di area yang disebut korteks prefrontal dorsolateral kiri,''

“Bagian otak ini tidak seaktif yang seharusnya pada penderita depresi. Jadi, dengan rutin menggunakan headset di rumah, membantu meringankan gejala depresi pada sebagian individu,” jelasnya.

Menurut Fu, sesi stimulasi berulang dapat menyebabkan perubahan jangka panjang dan meningkatkan tingkat aktivitas sel otak.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)