Benarkah Len Sassaman Adalah Satoshi Nakamoto si Pencipta Bitcoin? Ini Buktinya!

Selasa, 08 Oktober 2024 - 14:15 WIB
Misteri identitas Satoshi Nakamoto telah menjadi perdebatan hangat selama bertahun-tahun. Foto: Getty Images
JAKARTA - Sebuah film dokumenter HBO yang akan datang berjudul "Money Electric: The Bitcoin Mystery" dikabarkan akan mengungkap identitas asli Satoshi Nakamoto, pencipta misterius Bitcoin.

Film dokumenter tersebut mengarah pada Len Sassaman, seorang ahli kriptografi yang meninggal dunia 2011, sebagai sosok di balik nama samaran Satoshi.

Siapakah Len Sassaman?

Len Sassaman lahir pada 9 April 1980. Ia adalah seorang ahli kriptografi dan pejuang privasi yang berperan penting dalam komunitas cypherpunk. Sassaman menemukan bakatnya dalam pemrograman di usia muda dan mengejar karir di bidang ilmu komputer.



Perjalanan Karir Sassaman

Usia 18 tahun: Bergabung dengan Internet Engineering Task Force (IETF), organisasi yang bertanggung jawab mengembangkan fondasi internet modern.

1999: Pindah ke San Francisco Bay Area dan aktif dalam komunitas cypherpunk, termasuk berkontribusi dalam mailing list cypherpunk di mana Bitcoin pertama kali diumumkan oleh Satoshi Nakamoto.

Studi Lanjut: Melanjutkan studi di Katholieke Universiteit Leuven di Belgia di bawah bimbingan ahli kriptografi ternama, David Chaum dan Bart Preneel.

Reputasi di Bidang Kriptografi: Melalui penelitiannya dengan kelompok Computer Security and Industrial Cryptography (COSIC), Sassaman mendapatkan reputasi yang kuat di bidang kriptografi dan teknologi peningkat privasi.

Tragedi dan Penghormatan

Pada 2011, Len Sassaman meninggal dunia. Sebagai bentuk penghormatan atas kontribusinya, sebuah obituari untuk Sassaman diabadikan di jaringan Bitcoin.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More