YouTube Memperpanjang Durasi Video Shorts hingga 3 Menit

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 20:00 WIB
Pembaruan YouTube ini atas permintaan dari para kreator untuk mengembangkan konten yang lebih kaya dan beragam. Foto/JPost
JAKARTA - Durasi maksimum untuk video Shorts akan meningkat menjadi tiga menit, atau naik dari batas 60 persen saat ini. Perubahan ini berlaku untuk semua video persegi atau vertikal tetapi tidak akan memengaruhi konten yang diunggah sebelum tanggal ini.

Pembaruan ini mengikuti permintaan berulang dari kreator, yang telah lama memperjuangkan waktu yang lebih lama untuk mengembangkan konten kaya dan lebih beragam.

Jerusalem Post melansir, Sabtu (5/10/2024) kebijakan perpanjangan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan YouTube untuk tetap kompetitif dengan platform seperti TikTok, yang telah mengembangkan formatnya dari waktu ke waktu.



TikTok, yang awalnya membatasi video hingga 15 detik, kini memungkinkan video hingga 10 menit. Langkah YouTube ini menandakan niatnya untuk tetap relevan dalam menghadapi persaingan yang meningkat, terutama dari TikTok, yang telah berhasil menarik audiens lebih muda.



Durasi video yang lebih panjang akan memberikan kreator lebih banyak ruang untuk bercerita dan memungkinkan keterlibatan yang lebih dalam dengan pemirsa. YouTube juga mengatakan akan meningkatkan algoritme rekomendasinya, menjanjikan saran yang lebih tepat dan ditargetkan untuk video Shorts yang lebih panjang.

Bersamaan dengan perpanjangan ini, YouTube meluncurkan beberapa pembaruan untuk platform Shorts, termasuk perubahan pada antarmuka dan pemutar video. Tombol aksi akan disederhanakan, dan komentar akan dibuat lebih mudah diakses dalam pemutar video. Pembaruan desain ini dimaksudkan untuk membuat pengalaman pengguna lebih lancar dan lebih intuitif.



Salah satu fitur baru yang akan segera diperkenalkan YouTube yaitu kemampuan bagi kreator untuk "menggunakan konten dari video YouTube apa pun langsung dari kamera Shorts." Hal ini memungkinkan kreator untuk memasukkan klip dari video dan musik yang ada untuk menghasilkan video konten campuran yang orisinal. Fitur ini menandai langkah lain menuju peningkatan kreativitas di platform dengan memungkinkan konten populer diadaptasi ke gaya unik setiap kreator.

Pembaruan juga akan memperkenalkan template yang dirancang untuk membantu kreator dengan cepat menanggapi topik yang sedang tren atau musik populer. Template ini akan memungkinkan kreator untuk secara efisien menyesuaikan konten mereka dan bereaksi terhadap peristiwa atau tren terkini secara real-time.
(msf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More