Cara Mengatasi Ghost Touch di HP: Panduan Lengkap dan Mendalam

Senin, 12 Agustus 2024 - 20:34 WIB

1. Bersihkan Layar

Kotoran, debu, atau noda minyak pada layar dapat mengganggu fungsi sensor sentuh. Bersihkan layar dengan lembut menggunakan kain microfiber yang bersih dan kering. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih layar khusus jika diperlukan.

2. Lepaskan Pelindung Layar atau Casing

Jika Anda menggunakan pelindung layar atau casing, coba lepaskan sementara untuk melihat apakah masalah ghost touch hilang. Jika ya, kemungkinan pelindung layar atau casing Anda mengganggu fungsi layar sentuh.

3. Restart HP Anda

Restart sederhana seringkali dapat menyelesaikan masalah perangkat lunak kecil yang mungkin menyebabkan ghost touch. Matikan HP Anda, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali.

4. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Pastikan sistem operasi dan semua aplikasi di HP Anda diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan perangkat lunak seringkali berisi perbaikan bug yang dapat mengatasi masalah ghost touch.

5. Boot ke Safe Mode

Safe mode adalah mode diagnostik yang memungkinkan Anda menjalankan HP Android Anda dengan hanya aplikasi bawaan yang aktif. Ini membantu Anda mengidentifikasi apakah ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan ghost touch.

Cara Boot ke Safe Mode:

Tekan dan tahan tombol power hingga muncul opsi "Matikan" atau "Power off".

Tekan dan tahan opsi "Matikan" hingga muncul opsi "Reboot to safe mode".

Pilih "OK" untuk memulai ulang ke safe mode.

Jika ghost touch hilang dalam safe mode, kemungkinan besar masalahnya disebabkan oleh salah satu aplikasi pihak ketiga yang Anda instal. Anda dapat mencoba menghapus aplikasi yang baru saja Anda instal atau melakukan reset pengaturan pabrik (lihat poin berikutnya).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More