Laporan HID Ungkap Masa Depan Keamanan: Biometrik, Cloud, & AI

Kamis, 21 Maret 2024 - 21:17 WIB
Identitas digital menjadi tema penting terkait keamanan siber di 2024. Foto: ist
JAKARTA - Laporan Industri Keamanan dan Identitas 2024 (2024 State of Security Report) yang disusun oleh HID mengungkap ada 6 tren terkait keamanan yang harus dicermati di 2024.

Tren tersebut diambil dari 2.600 responden dari stakeholder bidang keamanan dan IT dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Prabhuraj Patil, Commercial Director, Physical Access Control Solutions, ASEAN & Subkontinen India HID, menyebut tren yang menonjol di Indonesia adalah Mobile IDs. Ini karena tingginya koneksi seluler dan penetrasi internet.

“Gaya hidup masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan media digital dan pembayaran mendorong kebutuhan Mobile IDs,” beber Prabhu.

“Potensi pemanfaatan Mobile ID sebagai bagian dari solusi kontrol akses fisik relatif signifikan di Indonesia, namun perlu waktu bagi manajer keamanan untuk memahami bahwa sistem ini lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan sistem kontrol akses yang ada saat ini,” tambahnya.

Selain Mobile ID, teknologi biometrik semakin banyak diterapkan di Indonesia. Teknologi ini semakin banyak digunakan di instansi-instansi untuk beragam kegunaan, mulai dari pengaplikasian sidik jari sebagai akses masuk gedung atau deteksi wajah untuk absensi kuliah.

Termasuk rencana Kominfo untuk menerapkan biometrik demi proses verifikasi SIM Card. Yang tak kalah penting, AI semakin menjamur di Indonesia

seiring bertumbuhnya perusahaan startup di bidang teknologi.

“Sehingga, per 2023, Indonesia pun termasuk dalam 3 besar negara yang mengakses aplikasi AI di dunia, setelah Amerika Serikat dan India,” ungkapnya.

Berikut tren keamanan yang harus dicermati di 2024 menurut HID:

1. Identitas digital

80% organisasi atau perusahaan akan menerapkan identitas digital. Para pelaku industri percaya bahwa 94% klien mereka segera menggunakan teknologi tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More