Bisa Jadi Bumerang, Ini Bahaya Menggunakan Social Spy di WhatsApp

Sabtu, 24 Februari 2024 - 21:40 WIB
Social Spy adalah aplikasi pihak ketiga yang diklaim dapat melacak aktivitas WhatsApp orang lain. (Foto: The Verge)
JAKARTA - Di balik tawaran menggiurkan aplikasi alat sadap Social Spy di WhatsApp banyak bahaya yang mengintai. Mulai dari pencurian data pribadi, virus dan malware, penipuan hingga gangguan mental.

Social Spy adalah aplikasi pihak ketiga yang diklaim dapat melacak aktivitas WhatsApp orang lain, seperti menyadap isi pesan seseorang, mengetahui dengan siapa seseorang berbicara, melihat status WhatsApp, hingga melacak lokasi seseorang.

Namun, segala tawaran menggiurkan ini bisa berbalik menjadi bumerang. Sebab aplikasi Social Spy terbukti mengandung bahaya bagi penggunanya. Berikut deretan bahaya menggunakan Social Spy WhatsApp dilansir dari berbagai sumber:



1. Pencurian Data Pribadi





Pengguna Social Spy WhatsApp biasanya harus mengunduh beberapa aplikasi untuk verifikasi. Penginstalan aplikasi ini bisa mendatangkan kerugian bagi pengguna yang tidak hati-hati. Pengguna juga biasanya akan diminta mengisi beberapa survei dengan memasukkan data-data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan bahkan informasi bank. Di sini sangat terbuka potensi pencurian data pribadi.

2. Virus dan Malware



Aplikasi Social Spy seringkali mengandung virus dan malware yang dapat merusak perangkat dan mencuri data pengguna. Modus yang dipakai biasanya Social Spy akan menampilkan banyak perintah yang tidak jelas. Tidak menutup kemungkinan saat itu perangkat akan disusupi malware.

3. Penipuan

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More