Tips Memilih Kabel Charger Berkualitas, Pilih yang Punya Fitur Pengisian Daya Cepat

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:25 WIB
Saat mencari kabel charger USB yang sesuai dengan perangkat, penting untuk memastikan kabel tersebut memiliki jenis port yang cocok. (Foto: MNC)
JAKARTA - Cara memilih kabel charger yang bagus dan awet sangat ditentukan oleh kualitas port dan kabel yang digunakan. Selain itu, perhatikan pula kecepatan pengisian daya dari charger tersebut. Semakin cepat, semakin bagus.

Ya, sebagai pengguna HP kamu membutuhkan kabel charger demi mengisi daya atau baterai ponsel. Ketika kabel charger bawaan HP sudah rusak, maka Anda perlu membeli yang baru. Tidak boleh sembarangan, Anda harus memilih charger yang bagus agar bisa lebih awet.

Untuk Anda yang belum mengerti, berikut ini tips dan cara memilih kabel charger berkualitas.

1. Perhatikan Jenis Port



Saat mencari kabel charger USB yang sesuai dengan perangkat, penting untuk memastikan bahwa kabel tersebut memiliki jenis port yang cocok. Sebagian besar perangkat modern seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat elektronik lainnya, biasanya menggunakan dua jenis port yang umum seperti USB type A dan USB type C .

USB type A adalah port yang telah lama digunakan dan dikenal sebagai port 'standar' yang umumnya ditemukan pada sebagian besar perangkat. Namun, port USB type C telah menjadi standar yang semakin populer, terutama pada perangkat-perangkat baru.



Sementara untuk pengguna iPhone, port yang digunakan adalah Lighting meski iPhone 15 telah beralih ke USB type C.

2. Perhatikan Kecepatan Pengisian Daya



Penting untuk memastikan bahwa kabel charger mendukung kecepatan pengisian yang sesuai dengan perangkat. Beberapa perangkat modern seperti smartphone dan tablet memiliki fitur 'Fast Charging' yang memungkinkan mengisi daya dengan cepat jika digunakan bersama dengan kabel charger yang kompatibel.

Selain itu, ada juga teknologi pengisian yang lebih baru yang disebut 'Power Delivery' atau sering disingkat sebagai PD. Power Delivery adalah teknologi pengisian yang canggih yang memungkinkan perangkat untuk mengisi daya dengan sangat cepat dan efisien. Teknologi ini mendukung pengisian daya yang lebih tinggi daripada standar USB biasa dan memungkinkan transfer daya yang lebih cerdas antara charger dan perangkat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More